JABATAN DANDIM 0903/TSR DISERAHTERIMAKAN

28 Oct 2009


KODAM VI/TPR (28/10),- Jabatan Komandan Kodim 0903/Tsr diserahterimakan dari Letkol Inf Toto Nurwanto, S. IP kepada Letkol Inf Agus Firman Yusmono di lapangan upacara Agatis Kota Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur, Selasa (20/10).


Komandan Korem 091/Asn Kolonel Inf Musa Bangun selaku inspektur upacara mengatakan, pergantian pejabat ini adalah hal yang wajar dan lazim merupakan suatu keharusan bagi organisasi yang akan terus berkembang dan berlangsung pada setiap periode dan waktu tertentu.


Ia berharap, serah-terima jabatan ini dimaknai sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja organisasi serta pembinaan karier, sehingga pembinaan Satuan dapat berlangsung secara berkesinambungan.


Dalam sistem pembinaan organisasi, ujar Danrem, faktor kualitas sumber daya manusia selalu menjadi prasyarat utama.


Dikatakan, sumber daya manusia yang baik dapat membawa organisasi berkembang seiring dengan dinamika kehidupan masyarakat dan perkembangan lingkungan strategis.


Oleh sebab itu, lanjut Danrem, seorang Komandan Kodim dituntut untuk memiliki wawasan yang luas dan akomodatif serta tanggap terhadap perkembangan dan tuntutan masyarakat yang semakin kritis dan komplek.


Kodim 0903/Tsr sebagai Satuan Komando Kewilayahan memiliki tugas dan tanggung jawab menyelenggarakan pembinaan teritorial sebagai fungsi utama TNI AD dalam rangka penyiapan potensi wilayah menjadi kekuatan wilayah guna kepentingan pertahanan negara.


Itu sebabnya Komandan Kodim dituntut mampu membuat perencanaan dan pembinaan potensi wilayah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah serta seluruh komponen masyarakat yang diselenggarakan secara terpadu, terarah dan berkesinambungan.


Pada kesempatan itu Danrem memerintahkan personel Kodim 0903/Tsr senantiasa memelihara disiplin, profesionallisme serta tanggap terhadap kesulitan yang dihadapi masyarakat di wilayahnya.


Kolonel Inf Musa Bangun mengatakan, itu dapat dilakukan melalui kegiatan Karya Bhakti TNI maupun Operasi Bhakti sebagai perwujudan pengabdian TNI kepada masyarakat.


Karya bhakti dan operasi bhakti itu dilakukan guna terpeliharanya kemanunggalan TNI-rakyat, sebagai investasi jangka panjang dalam kerangka pertahanan semesta sesuai amanat UUD 1945.


Lebih lanjut Danrem mengatakan, cerminan keberhasilan Kodim 0903/Tsr dalam menyelenggarakan pembinaan wilayah antara lain dapat mewujudkan kondisi wilayah yang aman dan kondusif.


Kondisi tersebut dapat mendorong percepatan pembangunan daerah serta tercapainya kesejahteraan masyarakat baik masyarakat di Kabupatan Bulungan maupun Kabupaten Tana Tidung.


Selain itu, juga keberhasilan melaksanakan pembinaan Satuan dengan baik, sehingga saat ini berdiri gedung Makodim yang megah, sarana olahraga yang representatif, bangunan Koramil-Koramil serta Pos-pos Koramil yang mampu memberikan kenyamanan kepada anggota dalam berkomunikasi lebih intens dengan masyarakat.


Upacara serah-terima jabatan ini dihadiri Bupati Kabupaten Bulungan Drs. H. Budiman Arifin, MSi, pejabat Bupati Tana Tidung Ir.Achmad Zaini Anwar MM, unsur Muspida.


Selain mereka hadir juga pimpinan dan anggota DPRD Bulungan dan Tana Tidung, para Kepala Badan, Kepala Dinas dan Kepala Kantor Pemda Bulungan dan Pemda Tana Tidung, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda.


Usai upacara, melalui Danrem, Pangdam VI/Tpr Mayjen TNI Tono Suratman memberikan piagam penghargaan dan jaket kepada Bupati Kabupaten Bulungan dan Pejabat Bupati Kabupaten Tana Tidung.


Melalui tanda penghargaan itu, para Bupati dinyatakan sebagai warga kehormatan Kodam VI/Tanjungpura atas jasa-jasanya dalam membangun kerja sama dan peran sertanya memajukan Satuan-Satuan jajaran Kodam VI/Tanjungpura.


Letkol Inf Toto Nurwanto, S. IP selanjutnya akan menjabat sebagai Wakil Asisten Perencanaan Kodam VI/Tpr. Sementara Letkol Inf Agus Firman Yusmono sebelumnya menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri 621/Manuntung. Sumber http://www.tni.mil.id