TNI AL GELAR LATIHAN ARMADA JAYA KE-28 TAHUN 2009



29 Oct 2009


ARMATIM (29/10),- TNI Angkatan Laut kembali menggelar latihan perang “Armada Jaya ke-28 Tahun 2009”. Dalam latihan perang ini, pada tahap Latposko melibatkan 450 prajurit TNI AL, prajurit TNI AD dan TNI AU masing-masing 10 orang, sedangkan pada tahap manuver lapangan melibatkan 1910 personel TNI AL, 13 kapal perang, 2 pesawat udara TNI AL, 2 helikopter serta 30 kendaraan tempur Marinir berikut 1 kompi pasukan pendarat Marinir.


Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno, SH didampingi Pangarmatim Laksamana Muda TNI Ignatius Dadiek Surarto yang juga selaku Direktur Latihan Armada Jaya ke-28 Tahun 2009, Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim Kolonel Laut (P) Widodo yang juga selaku Wakil Direktur Latihan, serta para pejabat Mabesal, Rabu 28 Oktober 2009 melepas pelayaran kapal perang tersebut dari Dermaga TNI AL Koarmatim, Ujung Surabaya. Kapal perang bertolak untuk melaksanakan manuver lapangan di laut serta kemudian puncaknya berupa operasi serbuan amfibi di Pantai Banongan Asembagus Situbondo, Jawa Timur pada tanggal 31 Oktober 2009 dini hari.


Latihan ini dibagi dalam dua tahap, yakni : Tahap Latihan Posko, pada tanggal 12 Oktober 2009 sampai dengan 22 Oktober 2009, dan Tahap Manouver Lapangan, tanggal 28 Oktober sampai dengan 2 November 2009. Sebelum manouver lapangan, di Pangkalan Koarmatim Surabaya juga telah dilaksanakan Latihan Pertahanan Pangkalan, Latihan Pertahanan Udara dan Lawan Sabotase Bawah Air.


Latihan Armada Jaya ke-28/09 merupakan latihan puncak TNI AL yang mengintegrasikan seluruh komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) guna mengukur hasil pembinaan Tahun Anggaran 2009, dengan tujuan untuk mempertahankan serta meningkatkan kesiapan operasional SSAT dan profesionalisme prajurit MATRA laut dalam menghadapi dan mengantisipasi ancaman yang dapat mengganggu kedaulatan NKRI.


Latihan semacam ini rutin dilakukan oleh TNI AL, karena latihan Armada Jaya merupakan latihan puncak TNI AL dan gambaran hasil pembinaan yang dilakukan terhadap prajurit matra laut dan persenjataannya selama tahun anggaran berjalan. Selain itu, kapal perang dan kendaraan tempur Marinir yang dilibatkan dalam latihan Armada Jaya kali ini semuanya sudah melalui tahap uji kelaikan dan hasilnya memenuhi syarat untuk digunakan dalam latihan bahkan untuk pertempuran sebenarnya sekalipun.


Digunakannya Pantai Banongan Situbondo Jawa Timur sebagai tempat latihan karena daerah ini selain sudah sering dijadikan tempat latihan TNI AL, juga karena memiliki conture pantai yang sangat ideal untuk melakukan operasi pendaratan amphibi pasukan Marinir baik menggunakan kendaraan tempur amphibi maupun dengan menggunakan sekoci khusus untuk pendaratan.


Seusai melepas keberangkatan unsur Armada Jaya, Kasal beserta pejabat teras lainnya menyaksikan demo Latihan Kesehatan Terpadu. Sumber http://www.tni.mil.id

LAKSMA TNI PRAMONO HADI TUTUP USIA

29 Oct 2009



DISPENAL (29/10),- Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul, SE menyampaikan bahwa, Staf Khusus Kasal Laksamana Pertama TNI Pramono Hadi, telah meninggal dunia pada hari Selasa (27/10), pukul 17.30 WIB di Rumah Sakit TNI AL Mintohardjo, Jakarta, karena sakit.


Jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Bahagia Surabaya pada hari Rabu 28 Oktober 2009 dan telah diberangkatkan dari Bandara Halim Perdanakusuma serta dilepas dengan upacara militer yang dipimpin Wakil Asisten Personel (Waaspers) Kasal Laksma TNI Ir. Sudirman SE, MPA selaku Inspektur Upacara dan juga dihadiri oleh Wakasal Laksdya TNI Moekhlas Sidik, MPA.


Laksma TNI Pramono Hadi meninggal dunia pada usia 53 tahun dan meninggalkan seorang istri serta 3 orang putra putri. Jenasah yang hari ini juga akan diterbangkan ke Surabaya, akan disemayamkan di rumah duka, dengan alamat Pondok Manggala blok BC II, no 16 Wiyung, Surabaya.


Perwira Tinggi kebanggaan TNI Angkatan Laut tersebut, adalah putra daerah Wonogiri yang dilahirkan pada 4 Agustus 1956 dan merupakan Alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1980. Dalam perjalanan pengabdiannya selama di TNI Angkatan Laut, sejumlah jabatan yang pernah diemban antara lain adalah Komandan Satuan Kapal Selam tahun 1996, Danlanal Mataram tahun 2000, Komandan Pusat Pengembangan Pendidikan Operasi Laut (Danpusbangdikopsla) Kobangdikal tahun 2006 serta Staf Khusus Kasal tahun 2008 hingga wafatnya.


Sedangkan tanda jasa yang dimiliki Laksma TNI Pramono Hadi adalah Bintang Jalasena Nararya, Satya Lencana GOM VII, Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV serta Satya Lencana Dwidya Sistha I dan II.


“Segenap Keluarga besar Angkatan Laut sangat kehilangan dan menyampaikan duka yang mendalam atas wafatnya beliau, seraya mendoakan semoga amal ibadah almarhum semasa hidupnya diterima Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan”, ujar Kadispenal. Sumber http://www.tni.mil.id

PANGDAM III/SILIWANGI MEMBERANGKATKAN KONTINGEN TON TANGKAS KODAM III/SILIWANGI



28 Oct 2009



KODAM III/SLW (28/10),- Kontingen Ton Tangkas Kodam III/Siliwangi berjumlah 29 prajurit dipimpin oleh Danbrigif Kolonel Inf Wuryanto, akan mengikuti Lomba Ton Tangkas Tingkat Angkatan Darat di Akmil Magelang pada tanggal 12 Nopember 2009, dilepas Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Rasyid Qurnuen Aquary, bertempat di Lapangan Upacara Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh No. 69 Bandung, Selasa (27/10).


Pangdam mengatakan bahwa Kontingen Ton Tangkas Kodam III/Siliwangi untuk berkompetisi dengan Kontigen Ton Tangkas lainnya secara sprotif, jujur, ksatria dan penuh tanggung jawab.


Pangdam mengharapkan agar semangat berlatih dan berjuang tetap terpelihara selama melaksanakan lomba Ton tangkas, jadikan hal tersebut sebagai titik awal keberhasilan dalam meraih prestasi yang terbaik, karena sesungguhnya kalian adalah prajurit pilihan, dipundak kalian terletak nama baik Kodam III/Siliwangi.


Diakhri amanatnya Pangdam mengatakan bahwa selain bertugas mengejar prestasi terbaik pada event lomba Ton Tangkas, misi yang lain adalah membangun persahabatan dan keakraban diantara peserta lainnya. Sumber http://www.tni.mil.id

KONTINGEN GARUDA XXVI-A DUKUNG LATIHAN GABUNGAN AMFIBI UNIFIL



28 Oct 2009


PUSPEN TNI (28/10),- Satuan Tugas Force Headquaters Support Unit (FHQSU) TNI Kontingen Garuda XXVI-A mendukung latihan gabungan amfibi yang dilaksanakan oleh UNIFIL dan Angkatan Bersenjata Lebanon (LAF), Selasa (27/10) di Pelabuhan Naqoura-Lebanon.


Latihan ini disaksikan langsung oleh Force Commander UNIFIL Mayor Jenderal Claudio Graziano, Brigadir Jenderal Maroun Khraish mewakili Panglima Angkatan Bersenjata Lebanon, sejumlah Tentara Lebanon dan pejabat UNIFIL, serta media lokal maupun internasional.


Latihan dimulai tanggal 23-27 Oktober 2009, yang ditujukan untuk menguji prosedur komando dan pengendali antara LAF dan UNIFIL dan menguji semua sarana dan fasilitas yang digunakan untuk operasi amfibi.


Selama latihan Kapal Perang “San Marco” dari Italy Maritime Task Force (MTF) berpartisipasi dalam latihan bersama Tentara Angkatan Laut Lebanon. Helikopter juga digunakan, selain kendaraan tempur untuk mengamankan garis pantai baik di darat dan di laut.


Latihan Gabungan Amphibi ini adalah yang kedua. Terakhir, latihan gabungan seperti ini dilakukan oleh UNIFIL dan LAF pada bulan Maret 2009. Sumber http://www.tni.mil.id

ASOPS PANGLIMA TNI TUTUP PRATUGAS KONGA LEBANON



28 Oct 2009


PUSPEN TNI (28/10),- Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI - Mayor Jenderal TNI Supiadin A.S menutup Latihan Pratugas Satgas MPU TNI Konga XXV-B/UNIFIL, Satgas FHQSU TNI Konga XXVI-B1/UNIFIL dan Satgas FPC TNI Konga XXVI-B2/UNIFIL Lebanon TNI, di Pusdikif Cipatat Bandung, Selasa (27/10). Ketiga Satgas yang akan bertugas sebagai pasukan perdamaian PBB di Republik Lebanon tersebut telah melaksanakan Latihan Pratugas selama kurang lebih 2 minggu di Pusdikif Cipatat Bandung. Latihan dibuka pada tanggal 7 Oktober 2009 dan dilaksanakan sampai dengan 27 Oktober 2009. Personel yang terlibat dalam Latihan Pratugas tersebut tidak kurang dari 335 orang yang terdiri dari penyelenggara, pelatih 60 orang dan pelaku 275 orang.


Satgas MPU TNI Konga XXV-B/UNIFIL, Satgas FHQSU TNI Konga XXVI-B1/UNIFIL dan Satgas FPC TNI Konga XXVI-B2/UNIFIL, selama mengikuti latihan diberikan pembekalan dan pengetahuan Taktis dan Teknis yang disusun dalam beberapa tahap yaitu Tahap pertama tanggal 7 Oktober 2009 sampai dengan 20 Oktober 2009, teori dan latihan teknis serta pembekalan dari Kasum TNI, Dir “B” BAIS TNI, Staf Dir Kips Deplu, Staf Dir Kersin Dephan, UNHCR dan UNICEF. Tahap kedua tanggal 21 Oktober 2009 sampai dengan 25 Oktober 2009 latihan aplikasi berupa latihan taktis dalam hubungan satuan tugas .


Pelaksanaan Lat Pratugas yang telah dilaksanakan dapat berjalan lancar, aman dan sesuai sasaran latihan, yaitu semua peserta latihan mengerti, memahami dan dapat mengaplikasikan semua materi yang diberikan selama pelaksanaan latihan yang meliputi materi pengantar, materi umum, materi utama materi pendukung dan siap mengemban misi PBB di daerah operasi UNIFIL Lebanon secara optimal.


Dalam amanatnya Asisten Operasi Panglima TNI menjelaskan bahwa, tugas-tugas yang selama ini dilaksanakan di tanah air tentunya akan sangat berbeda dengan tugas yang akan dilaksanakan sebagai pasukan perdamaian PBB di Republik Lebanon. Ditekankan oleh Asops, bahwa sebagai seorang peacekeeper harus bekerja sesuai dengan standart operasi (SOP) dan Rule of Engagment (ROE) yang jelas dan harus dipedomani pada setiap langkah dan tindakan.


Sebagai petugas penjaga perdamaian seluruh personel Satgas harus mampu dan dapat menjadi penengah antara pihak-pihak yang bertikai secara imparsial dan menghadapi perbedaan iklim/cuaca yang ekstrim dengan negara kita, hal ini tentunya memerlukan kerja keras, kemampuan berfikir, kerjasama dan loyalitas serta kesiapan fisik dan mental yang tinggi, tegasnya Asops Panglima TNI. Sumber http://www.tni.mil.id

PIA AG CAB 4/D II LAKSANAKAN DONOR DARAH



28 Oct 2009


LANUD SURABAYA (28/10),- Ketua PIA Ardhya Garini Cab 4/D II Lanud Surabaya Ny. Gatot Purwanto memimpin pelaksanaan donor darah, bersama perwakilan anggota PIA AG dan pengurus di wilayah Lanud Surabaya, bertempat di PMI Embong Ploso Surabaya, Selasa (27/10).


Ny. Gatot Purwanto disela acara menerangkan, donor darah ini merupakan kegiatan sosial dalam rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-53 PIA A.G yang jatuh pada tanggal 25 November 2009 mendatang dan juga merupakan wujud kepedulian, semangat dan rasa solidaritas diantara kita sebagai bagian dari anggota masyarakat.


Ketua PIA Ardhya Garini Cab 4/D II juga mengharapkan, Kegiatan sosial yang dilaksanakan dengan sukarela ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi para pasien rumah sakit maupun keluarga anggota dan masyarakat yang membutuhkannya, karena setetes darah akan bisa menyelamatkan jiwa orang lain.


Pada kesempatan tersebut petugas PMI Embong Ploso Surabaya juga mengucapkan terima kasih, karena dengan adanya kegiatan ini akan sangat membantu PMI Surabaya dalam menyediakan darah bagi yang membutuhkan. Sumber http://www.tni.mil.id

KASAU : DOKUMEN STRATEGIS MENJADI PEDOMAN



28 Oct 2009


DISPENAU (28/10),- Dokumen strategis yang telah disepakati yaitu postur TNI Angkatan Udara tahun 2005-2024 dan program kekuatan pokok minimum atau ’’Minimum Essensial Force’’, hendaknya senantiasa menjadi pedoman dalam setiap kegiatan perencanaan maupun pelaksanaan program.


Penegasan ini disampaikan Kasau Marsekal TNI Subandrio pada Pembukaan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran TNI AU TA 2009,di Mabesau Cilangkap, Selasa (27/10). Hadir pada kesempatan tersebut Wakasau Marsdya TNI Wardjoko, Irjenau Marsda TNI I. Nugroho, Koorsahli Kasau Marsda TNI Joseph Rasiman, Para Asisten Kasau, Pangkotama, para Kadis, para Komandan dan para pejabat TNI AU lainnya.


Dikatakan, berbagai arah kebijakan tersebut hendaknya secara obyektif dievaluasi dan sejauh mana dapat dicapai. Hanya dengan cara itulah maka secara sistematik, runtut dan pasti dapat mewujudkan postur TNI Angkatan Udara melalui Renstra lima tahunan maupun program tahunan.


Menurutnya, pada masa mendatang dan terkait dengan Reformasi Birokrasi Pemerintahan maka mengisyaratkan adanya prioritas tata kelola pembinaan kekuatan yang lebih diarahkan untuk mendukung kecepatan tindakan terkait dengan PPRC, PRCPB dan PAM pulau terluar.


”Oleh sebab itu, hendaknya kita harus mampu menangkap sekaligus mewujudkan keinginan tersebut melalui upaya mengoptimalkan penggunaan anggaran serta terus mendorong upaya mengurangi ketergantungan terhadap luar negeri untuk selanjutnya menuju kemandirian khususnya dalam pengadaan barang dan jasa”, ungkap Kasau.


Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran TNI AU TA 2009 yang berlangsung selama dua hari tersebut bertujuan untuk mengidentifikasikan permasalahan dan hambatan serta umpan balik dari pelaksanaan program kerja selama ini. Sumber http://www.tni.mil.id

KOLONEL WAHARDONO DANREM 022/PT YANG BARU

28 Oct 2009


KODAM I/BB (28/10),- Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Burhanudin Amin memimpin acara serah terima jabatan Komandan Korem 022/PT di lapngan Makorem 022/PT, akhir pekan lalu.


Jabatan Komandan Korem 022/PT diserah terimakan dari Kol Arm agus Sularso kepada Pejabat Baru Kol Kav Wahardono yang sebelumnya menjabat Komandan Pusat Pendidikan Kavaleri.


Dalam arahannya, Mayjen TNI Burhanudin Amin mengatakan, jabatan Danrem 022/PT merupakan kehormatan dan kepercayaan yang harus diterima dengan rasa syukur yang harus di emban dengan baik.


Korem 022/PT sebagai satu sub kompartemen strategis, memiliki wilayah tanggung jawab yang cukup luas dengan potensi ekonomi dan sosial budaya cukup besar. Secara geografis memiliki nilai sangat strategis, karena berada pada pantai Sumatera yang langsung berhadapan dengan negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia, sekaligus selat Malaka sebagai jalur transportasi internasional.


“Dengan kondisi demografis, masyarakatnya cukup heterogen dan majemuk baik dilihat dari suku maupun agama. Dengan kondisi wilayah seperti itu, membuka peluang bagi penduduknya, untuk melakukan mobilitas dengan cepat, sementara di sisi lain ditengah kehidupan sosial masyarakat akan berlangsung interaksi sosial yang cukup tinggi, sehingga dapat berpengaruh pada nilai-nilai sosial budaya masyarakat,“ ujar Pangdam.


Sertijab Danrem 022/PT di hadiri sejumlah kepala daerah di wilayah Korem 022/PT, diantaranya Bupati Simalungun Drs. HT .Zulkarnaen Damanik Bupati Sergai Ir. HT .Erry Nuriadi, Bupati Asahan Drs. H. Risudin, Msi, dan Wakil Bupati Langkat H Budiona, pejabat Militer dan Polri, kalangan pengusaha seperti Edwin Bingei, serta tokoh masyarakat Kota P. Siantar Berry CWT.


Kapenrem 022/PT Mayor Inf M. Khomsah Rizal mengatakan, Kol Arm Agus Sularso yang telah menjabat Danrem 022/PT selama setahun lebih akan mengikuti pendidikan di lembaga pendidikan TNI Sumber http://www.tni.mil.id

KASAD : KEAKRABAN DAN KEKELUARGAAN SANGAT DIBUTUHKAN



28 Oct 2009


DISPENAD (28/10),- Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Agustadi Sasongko Purnomo, mengatakan suasana silaturrahmi yang penuh keakraban dan kekeluargaan sangatlah dibutuhkan dalam membangun daerah Maluku, karena dengan keakraban, rasa kekeluargaan, persatuan dan kesatuan serta dengan kebersamaan dan gotong royong permasalahan yang timbul akan dapat terselesaikan dengan baik.


Hal tersebut dikatakan Kasad saat beramahtamah dengan unsur Muspida, tokoh masyarakat dan tokoh agama Provinsi Maluku, Ambon, Senin (26/10). Pertemuan ini dalam rangka silaturrahmi untuk menjalin hubungan yang erat antara aparat keamanan TNI, Polri serta Masyarakat dan aparat Pemerintah Daerah setempat.


Kasad menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh komponen masyarakat yang ada di wilayah Maluku atas dukungan dan kerjasamanya, sehingga prajurit Kodam XVI/Pattimura dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dalam upaya menjaga kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI dan melindungi keselamatan bangsa Indonesia khususnya di daerah Maluku.


Demikian pula, Gubernur Maluku Karel Ralahalu mengucapkan terimakasih kepada Kasad dan pimpinan TNI atas bantuan pengamanan prajurit TNI AD BKO dalam rangka menjaga stabilitas dan keamanan wilayah Maluku sehingga pembangunan Maluku dapat berjalan dengan tertib dan lancar.


Acara ramah tamah tersebut Kasad didamping Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Diana Agustadi S.P. beserta pejabat teras TNI AD lainnya. Sumber http://www.tni.mil.id

KASAL TERIMA KUNJUNGAN KASAL AUSTRALIA



28 Oct 2009


DISPENAL (27/10),- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno, S.H. menerima kunjungan kehormatan Kasal Australia (Royal Australian Navy/RAN) Vice Admiral Russel Crane, Senin (26/10), di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur.


Vice Admiral Russel Crane beserta beberapa orang staf tersebut diterima Kasal Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno, SH dalam upacara jajar kehormatan militer.


Menurut Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul, SE, disamping untuk mempererat persahabatan Angkatan Laut kedua negara, kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menjajaki kemungkinan kerja sama yang saling menguntungkan.


Tentang profil tamu dari negeri Kanguru itu, Kadispenal mengatakan, pucuk pimpinan Royal Australian Navy tersebut pernah menjabat sebagai Komandan HMAS Success, Direktur Jenderal Intelijen, Surveillance, dan Peperangan Elektronika, Komandan Sistem Komando RAN, Direktur Jenderal Coastwatch, Komandan Joint Offshore Protection Command dan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut RAN.


Pertemuan antara pemimpin Angkatan Laut tersebut diakhiri dengan tukar- menukar cendera mata. Sumber http://www.tni.mil.id

KADET AAL SELESAIKAN PELAYARAN JALASESYA



28 Oct 2009


DISPENAL (28/10),- Sebanyak 98 orang kadet tingkat II Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-57 telah menyelesaikan latihan pelayaran Jalasesya yang berlangsung selama 12 sejak 14 Oktober.


Gubernur AAL Laksda TNI Didi Setiadi dalam sambutan yang dibacakan Wagub AAL Brigjen TNI Mar Baharudin, S.E mengatakan, setelah latihan ini, para kadet AAl dianggap telah memperoleh bekal yang cukup tentang pengetahuan dan mengenal secara langsung kehidupan di laut serta menanamkan dan menumbuhkan jiwa bahari dan jiwa kejuangan sebagai prajurit pejuang matra laut.


Gubernur AAL mengatakan itu dalam upacara penerimaaan dan pembubaran Satlat Jalasesya di lapangan Banda AAL, Bumi Moro, Surabaya, Senin (26/10).


Di samping itu, ujar Laksda TNI Didi Setiadi, para kadet AAL dianggap telah memperoleh bekal yang cukup tentang pengetahuan peraturan dinas dalam khas TNI AL, pendalaman tugas dan profesi masing-masing korps, pelaksanaan jaga laut dan jaga darat di KRI, serta mengetahui dan memahami tradisi TNI AL khususnya kehidupan di kapal perang.


Latihan semacam ini penting bagi para kadet AAL untuk mengaplikasikan materi latihan sesuai dengan sasaran khusus masing-masing korps. Misalnya, karakteristik kapal, pengoperasian alat-alat komunikasi dan navigasi, mesin pokok, mesin bantu, alat komunikasi, elektronika dan sistem navigasi kapal, administrasi umum personel, pembekalan, keuangan dan fungsi KRI dalam mendukung sebuah operasi amfibi.


Setiba di pangkalan, sivitas akademika AAL dengan rasa hormat dan bangga mengucapkan selamat kepada para kadet AAL yang telah berhasil mengikuti dan menyelesaikan latihan ini dengan aman, tertib, dan lancar sesuai dengan rencana.


Diharapkan, para kadet dapat mengambil manfaat dari kegiatan pelayaran baik dari aspek akademik, mental kepribadian dan kesamaptaan jasmani.


Satuan latihan yang menggunakan Kapal Perang (KRI) Teluk Penyu (TPN-513) ini dikomandani Letkol Laut (E) Frandinanto Suarno, S.T, dan berlayar dengan rute Surabaya, Laut Jawa, Selat Makassar, Balikpapan, Sangatta, dan kembali ke Surabaya. Sumber http://www.tni.mil.id

JABATAN DANDIM 0903/TSR DISERAHTERIMAKAN

28 Oct 2009


KODAM VI/TPR (28/10),- Jabatan Komandan Kodim 0903/Tsr diserahterimakan dari Letkol Inf Toto Nurwanto, S. IP kepada Letkol Inf Agus Firman Yusmono di lapangan upacara Agatis Kota Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur, Selasa (20/10).


Komandan Korem 091/Asn Kolonel Inf Musa Bangun selaku inspektur upacara mengatakan, pergantian pejabat ini adalah hal yang wajar dan lazim merupakan suatu keharusan bagi organisasi yang akan terus berkembang dan berlangsung pada setiap periode dan waktu tertentu.


Ia berharap, serah-terima jabatan ini dimaknai sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja organisasi serta pembinaan karier, sehingga pembinaan Satuan dapat berlangsung secara berkesinambungan.


Dalam sistem pembinaan organisasi, ujar Danrem, faktor kualitas sumber daya manusia selalu menjadi prasyarat utama.


Dikatakan, sumber daya manusia yang baik dapat membawa organisasi berkembang seiring dengan dinamika kehidupan masyarakat dan perkembangan lingkungan strategis.


Oleh sebab itu, lanjut Danrem, seorang Komandan Kodim dituntut untuk memiliki wawasan yang luas dan akomodatif serta tanggap terhadap perkembangan dan tuntutan masyarakat yang semakin kritis dan komplek.


Kodim 0903/Tsr sebagai Satuan Komando Kewilayahan memiliki tugas dan tanggung jawab menyelenggarakan pembinaan teritorial sebagai fungsi utama TNI AD dalam rangka penyiapan potensi wilayah menjadi kekuatan wilayah guna kepentingan pertahanan negara.


Itu sebabnya Komandan Kodim dituntut mampu membuat perencanaan dan pembinaan potensi wilayah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah serta seluruh komponen masyarakat yang diselenggarakan secara terpadu, terarah dan berkesinambungan.


Pada kesempatan itu Danrem memerintahkan personel Kodim 0903/Tsr senantiasa memelihara disiplin, profesionallisme serta tanggap terhadap kesulitan yang dihadapi masyarakat di wilayahnya.


Kolonel Inf Musa Bangun mengatakan, itu dapat dilakukan melalui kegiatan Karya Bhakti TNI maupun Operasi Bhakti sebagai perwujudan pengabdian TNI kepada masyarakat.


Karya bhakti dan operasi bhakti itu dilakukan guna terpeliharanya kemanunggalan TNI-rakyat, sebagai investasi jangka panjang dalam kerangka pertahanan semesta sesuai amanat UUD 1945.


Lebih lanjut Danrem mengatakan, cerminan keberhasilan Kodim 0903/Tsr dalam menyelenggarakan pembinaan wilayah antara lain dapat mewujudkan kondisi wilayah yang aman dan kondusif.


Kondisi tersebut dapat mendorong percepatan pembangunan daerah serta tercapainya kesejahteraan masyarakat baik masyarakat di Kabupatan Bulungan maupun Kabupaten Tana Tidung.


Selain itu, juga keberhasilan melaksanakan pembinaan Satuan dengan baik, sehingga saat ini berdiri gedung Makodim yang megah, sarana olahraga yang representatif, bangunan Koramil-Koramil serta Pos-pos Koramil yang mampu memberikan kenyamanan kepada anggota dalam berkomunikasi lebih intens dengan masyarakat.


Upacara serah-terima jabatan ini dihadiri Bupati Kabupaten Bulungan Drs. H. Budiman Arifin, MSi, pejabat Bupati Tana Tidung Ir.Achmad Zaini Anwar MM, unsur Muspida.


Selain mereka hadir juga pimpinan dan anggota DPRD Bulungan dan Tana Tidung, para Kepala Badan, Kepala Dinas dan Kepala Kantor Pemda Bulungan dan Pemda Tana Tidung, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda.


Usai upacara, melalui Danrem, Pangdam VI/Tpr Mayjen TNI Tono Suratman memberikan piagam penghargaan dan jaket kepada Bupati Kabupaten Bulungan dan Pejabat Bupati Kabupaten Tana Tidung.


Melalui tanda penghargaan itu, para Bupati dinyatakan sebagai warga kehormatan Kodam VI/Tanjungpura atas jasa-jasanya dalam membangun kerja sama dan peran sertanya memajukan Satuan-Satuan jajaran Kodam VI/Tanjungpura.


Letkol Inf Toto Nurwanto, S. IP selanjutnya akan menjabat sebagai Wakil Asisten Perencanaan Kodam VI/Tpr. Sementara Letkol Inf Agus Firman Yusmono sebelumnya menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri 621/Manuntung. Sumber http://www.tni.mil.id

KOARMATIM TERIMA PUNDI AMAL SCTV



27 Oct 2009


ARMATIM (27/10),- Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) menerima Pundi Amal SCTV untuk operasi bakti Satuan Tugas (Satgas) Surya Bhaskara Jaya (SBJ) di Merauke Papua. Secara simbolis pundi SCTV langsung diserahkan oleh Direktur Umum SCTV Bpk. Hadi Sarosta dan diterima Pangarmatim Laksamana Muda TNI Ign Dadiek Surarto di Gedung Gajah Mada Ujung Surabaya, Senin (26/10).


Pundi amal SCTV yang diserahkan ke Koarmatim ini memang diperuntukan bagi operasi bakti Satgas SBJ yang rencananya akan berangkat tanggal 28 Oktober menuju Merauke dengan menggunakan kapal perang jenis LST (Landing Ship Tank) KRI Teluk Ende-517. Satgas SBJ merupakan operasi bakti TNI AL dengan menggelar berbagai kegiatan sosial, yaitu diantaranya pembangunan jalan, sarana ibadah, penyuluhan-penyuluhan dan pengobatan masal khususnya diperuntukan bagi masyarakat pulau/daerah terpencil. Sumber http://www.tni.mil.id

PANGDAM JAYA SERAHKAN PIAGAM PENGHARGAAN KEPADA PETEMBAK



27 Oct 2009


KODAM JAYA (27/10),- Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Darpito Pudyastungkoro S,IP, MM, menyerahkan piagam penghargaan kepada atlet petembak yang telah berhasil mengukir prestasi di Lomba Tembak Panglima TNI di lapangan upacara Makodam Jaya Jl Mayjen Sutoyo No 05 Cililitan Jakarta Timur, Senin (26/10).


Acara penyerahan piagam penghargaan ini dipimpin langsung oleh Pangdam Jaya/Jayakarta disaksikan oleh Kasdam Jaya, para Asisten Kasdam Jaya dan staf Ahli, para Dansat jajaran Kodam Jaya dan seluruh peserta upacara. Dalam event tersebut diperlombakan nomor tembak pistol dan senapan baik perorangan maupun beregu. Adapun ke empat atlet petembak tersebut adalah Kapten Kav Salim KD, SH NRP 11980054960676 jabatan Wadanyonkav-7/Sersus sebagai juara 2 nomor tembak pistol materi perorangan, juara 1 pistol beregu, dan juara 1 nomor tembak pistol falling flat beregu. Sertu Suwandi NRP 31950200890374 jabatan Danru Tontaikam Denma Brigif-1 PIK/JS sebagai juara 1 nomor tembak senapan match 1 s.d 9 dan juara 1 nomor tembak champion team/overall team. Sertu Puspitasi NRP 21040308830684 jabatan Basi 3/Pers Brigif-1 PIK/JS sebagai juara 1 nomor tembak eksekutif wanita perorangan. Serda Denok Vaiffin P NRP 21040310060585 jabatan Baban Dan/Kas Brigif-1 PIK/JS sebagai juara 3 nomor tembak pistol eksekutif wanita perorangan dan juara 1 pistol beregu.


Pangdam Jaya dalam kesempatan ini juga berpesan agar bagi atlet yang telah berprestasi tidak cepat puas dan selalu berupaya untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasinya. Meraih prestasi adalah tugas yang lebih mudah dibandingkan untuk mempertahankan prestasi itu sendiri. Sedangkan kepada yang belum berprestasi agar berjuang lebih keras lagi dan selalu dapat memanfaatklan waktu luang yang ada untuk dapat menggapai cita-cita, agar kelak dikemudian hari dapat menjadi prajurit yang dapat dibanggakan baik di lingkungan Satuan Kodam Jaya maupun di lingkungan keluarga masing-masing.


Dalam akhir amanatnya, Pangdam Jaya juga mengucapkan terimakasih atas segala upaya dan kerja keras selama ini, sehingga prestasi demi prestasi dapat diraih dan dapat menambah pundi-pundi prestasi Satuan Kodam Jaya. Sumber http://www.tni.mil.id

DANREM 171/PVT TERIMA KUNJUNGAN WAASTER KASAD



27 Okt 2009





KODAM XVII/CEN (27/10),- Waaster Kasad Brigjen TNI Jul Effendi beserta rombongan tiba di Bandara Deo Sorong dan disambut oleh Danrem 171/PVT, Dandim 1704/SRG, Dan/Kasatdisjan jajaran Korem 171/PVT dan Muspida Plus Kota Sorong, Minggu (25/10).


Kedatangan rombongan Waaster Kasad adalah melaksanakan lomba Binsat tingkat Kodim seluruh Indonesia diantaranya Kodim 1704/SRG yang akan dilaksanakan selama 2 hari. Sumber http://www.tni.mil.id

PANGDAM XVII/CENDERAWASIH TERIMA SATGAS YONIF 527/BY DAN YONIF 713/ST



27 Okt 2009


KODAM XVII/CEN (27/10),- Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen A.Y Nasution menerima Satgas Yonif 527/BY dan Satgas 713/ST di Buper Waena Jayapura, Sabtu (24/10) dengan upacara militer. Dalam upacara tersebut dihadiri oleh para pejabat TNI di wilayah Jayapura antara lain Danlanud Jayapura, Danrem 172/PWT, Asintel Lantamal X Jayapura dan sejumlah pejabat Kodam XVII/Cenderawasih.


Seusai upacara Pangdam memberikan pengarahan kepada seluruh anggota Satgas yang juga diikuti oleh para undangan yang hadir. Didalam pengarahannya Pangdam memberikan penekanan tentang pentingnya makna pepatah “Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung”, dimana anggota satgas harus segera menyesuaikan dengan lingkungan dan masyarakat sebagai pedoman dan kunci pokok keberhasilan tugas. Hal ini seiring dengan sesanti Kodam yaitu “Ksatria Pelindung Rakyat”, yang bermakna bahwa apabila TNI membantu rakyat maka rakyat akan membantu TNI, bila TNI melindungi rakyat maka rakyat akan melindungi TNI dan apabila TNI mencintai rakyat maka rakyat akan mencintai TNI, tambah Pangdam.


Musuh terbesar yang bisa menggagalkan tugas pokok penugasan adalah diri sendiri. Tidak waspada, tidak disiplin dan tidak semangat adalah sikap-sikap yang muncul karena kurangnya pengendalian diri. Menurut Pangdam sikap kewaspadaan yang meliputi kesabaran,ketelitian, ketekunan dan ketelatenan selama melaksanakan penugasan operasi di wilayah Papua harus selalu menjadi pegangan diri seluruh anggota satgas.


Diakhir arahannya Pangdam berpesan kepada seluruh perwira agar selalu membangun kebersamaan, mencintai dan memahami prajurit-prajurit bawahannya karena perwira adalah tauladan bagi anggota-anggotanya dalam melaksanakan tugas. Selain itu agar senantiasa berdoa, menyerahkan diri dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap memulai dan menghakhiri kegiatan, demikian pesan Pangdam.


Yonif 527/BY dipimpin oleh Letkol Inf Ramli akan menggantikan Yonif 511/DY dan Yonif 713/ST dipimpin oleh Letkol Inf Jhonny Djamaris akan menggantikan Yonif 725/WRG. Selama satu Minggu sebelum menempati pos masing-masing mereka akan diberikan pembekalan tentang tugas-tugas yang akan dilaksanakan sebagai pasukan Pengamanan Perbatasan RI-PNG. Sumber http://www.tni.mil.id

KASUM TNI BUKA GELADI MAKO PPRC TNI 2009



27 Okt 2009


PUSPEN TNI (27/10),- Agar diperoleh kesiapsiagaan yang tinggi, maka TNI telah memprogramkan latihan PPRC (Pasukan Pemukul Reaksi Cepat) dalam bentuk kegiatan Geladi Mako, yang bertujuan meningkatkan kemampuan profesionalisme unsur-unsur pimpinan dalam prosedur hubungan Komando dan Staf, PPRC TNI guna mendukung pencapaian tugas pokok.


Demikian amanat Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso yang dibacakan Kasum TNI Laksdya TNI Y. Didik Heru Purnomo pada upacara pembukaan Geladi Mako PPRC TNI, di Makodif-I Kostrad Cilodong, Bogor, Jawa Barat, Senin (26/10).


Kepada peserta geladi, Panglima TNI menekankan agar melaksanakan geladi ini dengan penuh kesungguhan, dedikasi dan disiplin tinggi serta penuh rasa tanggung jawab ; Pelihara realisme geladi dan disesuaikan dengan perkembangan lingkungan strategis serta kemungkinan kontinjensi yang mungkin timbul di wilayah daratan, sehingga dapat mewujudkan suatu konsep strategi penangkalan dan penindakan yang dapat dioperasionalkan dalam kondisi yang sebenarnya. Rencana operasi yang dirumuskan harus dapat memvisualisasikan gambaran konsep operasi yang terintegrasi dan terkoordinasi, baik berupa manuver maupun bantuan yang diperlukan ; Temukan dan inventarisasi berbagai permasalahan yang berhubungan dengan kesiapan personel, materiil serta piranti lunak pada satuan dibawah komando dan kendali operasi PPRC TNI jika dihadapkan kepada tugas yang sebenarnya ; Berdayakan sumber daya manusia dan manfaatkan sumber dana yang tersedia secara maksimal, sehingga dapat mencapai tujuan dan sasaran geladi dengan efektif dan efisien.


Geladi Mako PPRC TNI dilaksanakan mulai tanggal 26 Oktober sampai dengan 1 Nopember 2009, diikuti oleh 150 personel terdiri dari 31 personel dari Brigif-17 Linud Kostrad, 33 personel dari Kormar dan Korps Pelaut, 32 personel dari Wing-I Paskhas dan 54 personel dari Divisi Infanteri-1 Kostrad.


Upacara pembukaan Geladi Mako PPRC TNI 2009 yang bertindak sebagai komandan upacara, Kolonel Inf Muslimin Akib, jabatan sehari-hari Komandan Brigade Infanteri-17 Linud. Hadir dalam upacara antara lain, Pangkostrad – Letjen TNI George Toi Sutta, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Supiadin AS, Aspers Panglima TNI Marsda TNI Agus Mudigdo dan Kapuspen TNI Marsda TNI Sagom Tamboen serta para Asisten masing-masing angkatan. Sumber http://www.tni.mil.id

ANGGOTA SESKOAL SAMBUT SANG JUARA PASIS SESKOAL DIKREG KE-47



27 Okt 2009


DISPENAL (27/10),- Selamat datang para perwira hebat “Yang telah mengukir sejarah menjadi juara umum POR PKB juang yang telah bertahan selama 43 tahun di Seskoad” demikian kata sambutan anggota Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) saat penyambutan kedatangan atlit-atlit perkasa Pasis Seskoal Dikreg Angkatan ke-47 di Bumi Cipulir, Seskoal, Kamis (22/10).


Prestasi yang didapat saat Pertandingan Olahraga (POR) pada Pekan Kegiatan Bersama (PKB) Kejuangan Tahun Anggaran (TA) 2009 di Seskoad, Bandung 19 s.d 22 Oktober 2009. POR yang selama 43 tahun selalu diraih oleh Seskoad, kali ini dapat kita rebut, tentunya usaha ini berkat dukungan dari Komandan Seskoal (Danseskoal) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Among Margono, S.E, perwira staf, dosen, pelatih dan seluruh anggota Seskoal. Dorongan moril dan spirituil merupakan dorongan secara tidak langsung, selain itu usaha-usaha atlit-atlit dari Pasis Seskoal yang pantang menyerah bekerja keras memenangkan pertandingan demi pertandingan. Adapun prestasi yang dicapai dari cabang, Golf, Tenis lapangan dan tenis meja, sedangkan cabang menembak dan bola volley belum dapat kita rebut.


Dengan merebut juara umum semakin berat bagi Pasis Seskoal yang akan datang, selain sebagai tuan rumah PKB Kejuangan TA 2010, Seskoal juga harus mempertahankan predikat juara umum di POR, bila perlu seluruh cabang yang dipertandingkan Seskoal meraihnya. Selamat atas prestasi yang dicapai dan selamat datang pahlawan-pahlawan olahraga Pasis Dikreg Seskoal ke-47 di Bumi Cipulir.


Selamat datang pahlawan muda, lama nian kami rindukan kamu….. bertahun-tahun ada di Seskoad, kini juara umum di Seskoal…… Sumber http://www.tni.mil.id

MUTASI JABATAN DI JAJARAN TNI

26 Okt 2009


PUSPEN TNI (26/10),- Berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor : Kep/688/X/2009 tanggal 23 Oktober 2009, telah diputuskan tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI yang terdiri dari 9 orang di jajaran Mabes TNI , 14 orang di jajaran TNI AD, 10 orang di jajaran TNI AL, 8 orang di jajaran TNI AU, 1 orang di jajaran Dephan, 2 orang di jajaran Polhukam, 1 orang di jajaran Setmil Setneg RI, 1 orang di Staf khusus Presiden RI.


Dalam mutasi tersebut tercatat sebagai berikut :


18 orang mutasi antar jabatan dalam pangkat yang sama, Laksdya TNI Y. Didik Heru Purnomo, dari Kasum TNI menjadi Kalakhar Bakorkamla Kemenko Polhukam ; Marsdya TNI Edy Harjoko, dari Dansesko TNI menjadi Kasum TNI ; Marsdya TNI Wardjoko, dari Wakasau menjadi Kabasarnas ; Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo, dari Danjen Kopassus menjadi Pangdam III/Slw ; Mayjen TNI Soenarko, dari Pangdam IM menjadi Danpussenif Kodiklatad ; Mayjen TNI Deddy Setia Budiman, dari Pa Sahli Tk. III Bid Banusia Panglima TNI menjadi Staf Khusus Panglima TNI ; Laksda TNI Soeparno, dari Pangarmabar menjadi Asops Kasal ; Laksda TNI Marsetio, M.M., dari Pangkolinlamil menjadi Pangarmabar ; Laksda TNI Slamet Yulistiyono, dari Pa Sahli Tk. III Bid Wassus & LH Panglima TNI menjadi Pangkolinlamil ; Brigjen TNI Gatot Nurmantyo, dari Kasdivif-2 Kostrad menjadi Dirlat Kodiklatad ; Brigjen TNI Osaka Meliala, dari Wadan Seskoad menjadi Kasdam XVII/Cend ; Brigjen TNI Husein Malik, dari Waaspers Kasad menjadi Wadan Seskoad ; Brigjen TNI Supriyadi, S.IP, dari Wakapuspen TNI menjadi Staf Khusus Panglima TNI ; Brigjen TNI (Mar) Lukman Sofyan, dari Danlantamal XI/Mer menjadi Waaster Panglima TNI ; Brigjen TNI (Mar) Triono Sulistyohadi, dari Kasgartap III/Sby menjadi Danlantamal XI/Mer ; Laksma TNI drg. Budhi Siswanto, M.M., dari Pali Rumkital dr. RML Diskesal menjadi Staf Khusus Kasal ; Marsma TNI Mochammad Barkah, dari Wadan Kodikau menjadi Kaskoopsau I ; Marsma TNI Dede Rusamsi, dari Pati Sahli Kasau Bid. Air Power menjadi Wadan Kodikau.


19 orang promosi jabatan, Marsda TNI Eris Heryanto, S.IP., dari Dirjen Ranahan Dephan menjadi Dansesko TNI ; Mayjen TNI Rasyid Qurnuen Aquary, dari Pangdam III/SLW menjadi Sesmenko Polhukam ; Brigjen TNI Lodewijk Freidrich Paulus, dari Dirlat Kodiklatad menjadi Danjen Kopassus ; Kolonel Inf Harry Purdianto, S.IP., dari Irpers Itjenad menjadi Kasdivif-2 Kostrad ; Marsda TNI Imam Sufaat, S.IP., dari Pangkoopsau I menjadi Wakasau ; Marsma TNI Eddy Suyanto, S.T., dari Kaskoopsau I menjadi Pangkoopsau I ; Kolonel Kal A. Anjar Kristiyanto, dari Paban II/Bekal Slogau menjadi Pati Sahli Kasau Bid. Air Power ; Brigjen TNI Hambali Hanafiah, dari Kasdam XVII/Cend menjadi Pangdam IM ; Kolonel Inf Murdjito, dari Paban I/Ren Spers TNI menjadi Waaspers Kasad ; Brigjen TNI (Mar) Norman Zamili, dari Waaster Panglima TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Wassus & LH Panglima TNI ; Kolonel Mar Mokhamad Suwandy Thahir, dari Sahli ”F” Pangarmabar (PPRA Lemhannas) menjadi Kasgartap III/Sby ; Kolonel Cpm Hawas Muin, dari Paban I/Gaktib Suspom TNI menjadi Karo Ops & Pengamanan Setmil Setneg RI ; Kolonel Laut (K) drg. Ananda Danardono, dari Sekdiskesal menjadi Kaladokgi Rem ; Kolonel Laut (S) Zufri Zaenal Abidin, dari Sahli ”A” Pangarmabar (PPRA Lemhannas) menjadi Irbin Itjenal ; Kolonel Pnb Potter Gultom, dari Dirdik Seskoau menjadi Kadiswatpersau ; Brigjen TNI Agus Muljadi, dari Waaspam Kasad menjadi Pa Sahli Tk. III Bid Banusia Panglima TNI ; Kolonel Inf E. Hudawi Lubis, dari Danpusdikter Kodiklatad menjadi Waaspam Kasad ; Brigjen TNI Drs. Kurdi Mustofa, dari Staf Khusus Presiden RI Bid. Komsos menjadi Pa Sahli Tk. III Bid Hubint Panglima TNI ; Kolonel Inf Setyo Sularso, dari Dandenma Mabes TNI menjadi Waka Puspen TNI.


9 orang dalam rangka Pensiun, Laksdya TNI Budhi Hardjo, dari Kalakhar Bakorkamla Kemenko Polhukam menjadi Pati Mabes TNI AL ; Letjen TNI Romulo R. Simbolon, S.Sos., M.M., dari Sesmenko Polhukam menjadi Pati Mabes TNI AD ; Marsdya TNI Ida Bagus Sanubari, S.E., dari Kabasarnas menjadi Pati Mabes TNI AU ; Mayjen TNI Drs. Nartono, S.H., dari Danpusenif Kodiklatad menjadi Pati Mabes TNI AD ; Laksda TNI Bambang Supeno, dari Asops Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL ; Brijgen TNI Daud Lallo, dari Karo Ops & Pengamanan Setmil Setneg RI menjadi Pati Mabes TNI AD ; Laksma TNI drg. Bas Utaryo, dari Kaladokgi Rem menjadi Pati Mabes TNI AL ; Laksma TNI Edy Yusuf, dari Irbin Itjenal menjadi Pati Mabes TNI AL ; Marsma TNI GN. Heru Purwanto, S.E., dari Kadiswatpersau menjadi Pati Mabes TNI AU. Sumber http://www.tni.mil.id

LETNAN KOLONEL INF HIFDIZAH PIMPIN PUSKOPAD “A” KODAM JAYA

26 Okt 2009


KODAM JAYA (26/10),- Upacara pelaporan korps serah terima jabatan Kepala Pusat Koperasi Angkatan Darat “A” Kodam Jaya (Kapuskopad “A” Dam Jaya) telah dilaksanakan. Letnan Kolonel Inf Hifdizah telah menerima tugas dan tanggung jawab sebagai Kapuskopad “A” Kodam Jaya dari Kolonel Arh Winarta dan dilanjutkan dengan acara lepas sambut bertempat di Aula Puskopad “A” Kodam Jaya Jl. TB Simatupang Jakarta Timur. Jumat (23/10).


Kolonel Arh Winarta selanjutnya menempati jabatan baru Direktur Pembinaan Pendidikan dan Latihan Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara Kodiklat TNI AD. Sedangkan Letnan Kolonel Inf Hifdizah adalah lulusan Akabri 1987 dan sebelum menjadi Kepala Pusat Koperasi Angkatan Darat ”A” Kodam Jaya menjabat sebagai Kepala Staf Korem 051/Wijayakarta Kodam Jaya. Perjalanan kariernya selulus Akabri 1987 bertugas di Kopassus sampai tahun 1996. Dari tahun 1997 sampai 1999 bertugas di Pusat Pendidikan Infanteri, tahun 2001 menjabat sebagai Kasiter Korem 142/TATAG dan selanjutnya menjabat Komandan Batalyon Infanteri 712/WT Korem 131/STG. Pada tahun 2005 masuk ke jajaran Kodam Jaya dengan dengan berbagai jabatan yaitu Pabandyalat Sopsdam Jaya, Dansecata ”A” Gumil Juang Rindam Jaya, Dandim 0501/Jakarta Pusat, Kepala Staf Brigade Infanteri 1 PIK/Jaya Sakti Kodam Jaya, Kepala Staf Korem 051/Wijayakarta Kodam Jaya dan sekarang menjabat sebagai Kapuskopad ”A” Kodam Jaya.


Pendidikan militer yang telah dilaksanakan Akabri tahun 1987, Susarcab, Diklapa I, Diklapa II, Seskoad, Susarpara, Sus Komando, Sus Free Fall, Sus Sandha, Susgadik ABRI, Susdanyonif, Susdandim, Susopsgab TNI dan Susdanbrig. Adapun tanda jasa yang dimiliki sampai saat ini SL Seroja, Sl Kesetiaan, SL Dwija Sistha, SL Darma Nusa. Untuk operasi penugasan Operasi Seroja, Operasi Aceh Operasi Lihkam Poso dan operasi terpadu. Memiliki istri bernama drg. Ira Rahmawati dengan dikaruniai 1 (satu) anak. Sumber http://www.tni.mil.id

LAKSMA TNI RAJA MORNI HARAHAP JABAT KEPALA STAF KOLINLAMIL

26 Okt 2009


KOLINLAMIL (26/10),- Panglima Kolinlamil Laksmana Muda TNI Marsetio,M.M melantik Laksma TNI Raja Morni Harahap sebagai Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer (Kas Kolinlamil) menggantikan Laksma TNI Widhiarto di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok Jakarta, Rabu (21/10).


Dalam kesempatan tersebut Panglima Kolinlamil Laksda TNI Marsetio, M.M mengatakan bahwa serah terima jabatan di lingkungan TNI AL merupakan upaya pembinaan organisasi, pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran serta inovasi terhadap tuntutan tugas yang semakin komplek.


Selain itu, jelasnya agar dapat mewujudkan organisasi yang lebih dinamis dan responsif terhadap perubahan dan perkembangan lingkungan strategis. Pada bagian lain mengatakan bahwa Kepala staf Kolinlamil adalah pembantu utama Panglima Kolinlamil dalam melaksnakan tugas pembinaan dan operasional. Oleh karena itu tugas ini menuntut dedikasi,mobilitas yang tinggi dalam mendukung dan melaksanakan tugas pokok Kolinlamil.


Lebih lanjut ditegaskan Kolinlamil sebagai kotama pembinaan dan operasional dituntut untuk mampu meningkatkan kesiapan operasional kapal perang dan personelnya dalam rangka mendukung pelaksanaan OMP maupun operasi militer selain perang. Hal itu berupa pergeseran pasukan, material/logistik yang bersifat administratif, taktis dan strategis serta bantuan operasi bhakti darurat daalam penanggulangan bencana alam.


Berkaitan dengan anggaran yang terbatas, Laksda TNI Marsetio, M.M menambahkan perlu adanya skala prioritas agar terwujud kesiapan KRI sesuai dengan tuntutan tugas. Sedangkan dihadapkan dengan alutsista yang rata–rata sudah tua, harus dicermati tindakan purba jaga bagi setiap prajurit Kolinlamil khusunya yang mengawaki ABK kapal perang untuk melaksanakan tindakan penyelamatan kapal. Oleh karena itu penerapan reward dan punisment sangat baik bagi prajurit dalam melaksanakan tugas. Sumber http://www.tni.mil.id

SERTIJAB ASRENA DAN DANPOMAL LANTAMAL V

26 Okt 2009


LANTAMAL V (26/10),- Komandan Lantamal V Brigjen TNI (Mar) Halim A. Hermanto, SH bertindak sebagai Irup dalam upacara Sertijab Asrena Danlantamal V Kolonel Laut (S) R.A. Mulyadi, SE kepada Letkol Laut (P) Sunarso serta Jabatan Komandan Polisi Militer Lantamal V dari Kolonel Marinir Zulfa Akmal kepada Kolonel Laut (PM) Toto Hartoto di Moko Lantamal V Surabaya pada hari Kamis 22 Oktober 2009.


Dalam amanatnya Komandan Lantamal V Brigjen TNI (Mar) Halim A. Hermanto, SH menyampaikan beberapa penekanan sebagai berikut: Laksanakan upaya-upaya untuk memelihara dan meningkatkan moral dan profesionalisme anggota Pomal secara terus menerus dan berkelanjutan; Laksanakan koordinasi dan kerja sama yang sebaik-baiknya dengan instansi penegak hukum lainnya yang berada diluar jajaran TNI AL; Tindak tegas setiap prajurit TNI AL yang melanggar hukum dengan menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah, serta hindari sikap arogan. Jagalah situasi harmonis yang ada dalam pelaksanaan penegakan hukum yang adil dan profesional di lingkungan TNI AL.


Profesionalisme dan moral yang baik selalu menjadi pedoman di setiap satuan TNI AL dalam melaksanakan tugas untuk menghasilkan kinerja yang baik secara maksimal.


Polisi Militer dituntut untuk memperhatikan perkembangan lingkungan yang terjadi di masyarakat, terutama tuntutan supremasi hukum yang terus bergulir, oleh karena itu diharapkan dapat mengantisipasi, mencegah, dan mengeliminir berbagai permasalahan yang timbul, sekaligus memberikan rasa aman terhadap lingkungan masyarakat sekitarnya.


Kepada jajaran Pomal Lantamal V Komandan Lantamal V Brigjen TNI (Mar) Halim A. Hermanto, SH meminta agar bersikap arif dan bijaksana dengan mengedepankan obyektifitas, apabila benar ada oknum prajurit yang melanggar maka lakukan penyidikan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, namun bila ternyata prajurit kita tidak bersalah jangan segan-segan memberikan perlindungan dan pengayoman kepada mereka. Sumber http://www.tni.mil.id

DANJEN KOPASSUS SAMBUT TEAM AARM-XX 2009



26 Okt 2009


KOPASSUS (26/10),- Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo menyambut team AARM-XX tahun 2009 di Gedung Flamboyan Makopassus Cijantung, Kamis (22/10).


Kontingen AARM-XX tahun 2009 yang berjumlah 57 orang terdiri 37 atlet dan 20 official ini dipimpin oleh Letkol Inf J. Binsar Sianipar Danyon-13 Grup 1 Kopassus telah berhasil menjadi juara umum menembak tingkat Asia Tenggara (Asean) dengan memperoleh 8 Tropi kejuaraan, sedang juara 2 diraih oleh Thailand dengan 3 Tropi dan juara 3 Singapura dengan 3 Tropi serta Vietnam 1 Tropi.


Disamping penyambutan kontingen AARM-XX tersebut juga diadakan acara syukuran untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT atas keselamatan dan hasil yang telah di peroleh team AARM-XX tahun 2009 di Singapura.


Dalam sambutannya Danjen Kopassus menyampaikan rasa terima kasih dan rasa bangga yang setinggi tingginya kepada seluruh anggota TNI AD yang tergabung dalam team AARM-XX karena telah berjuang untuk memperoleh kemenangan yang membanggakan bagi TNI AD pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya.


Dengan perjuangan yang tidak mengenal menyerah dibarengi dengan sikap berserah diri sepenuhnya kepada Tuhan YME, menghasilkan suatu anugerah yang sangat membanggakan.


Namun Danjen Kopassus juga berpesan jangan dengan keberhasilan tersebut kita menjadi sombong, namun harus tetap rendah hati dan berhati-hati serta tetap terus berlatih karena tantangan kedepan untuk mempertahankan keberhasilan tersebut cukup berat pada masa-masa yang akan datang. Sumber http://www.tni.mil.id

SERTIJAB LO AU DAN PENYERAHAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB KAPUSKODAL DAM II/SWJ




23 Okt 2009


KODAM II/SWJ (23/10),- Panglima Kodam II/Swj Mayor Jendral TNI Mochammad Sochib, S.E., M.B.A, bertindak sebagai inspektur upacara dalam acara serah terima tugas dan tanggung jawab jabatan LO AU dari Kolonel Pnb. Kusworo, S.E., M.M. kepada Letkol Pnb. Abdullah Usman dan penyerahan tugas dan tanggung jawab Kapuskodal Dam II/Swj kepada Letkol Inf Siswo Wiyono, Rabu, 21 Oktober 2009 bertempat di Aula Sudirman Makodam II/Swj.


Pangdam II/Swj dalam amanatnya menyampaikan bahwa, laksanakan tugas dan jabatan masing-masing dengan sebaik-baiknya tidak hanya sekedar meduduki jabatan tersebut tetapi memerlukan kesungguhan dalam pelaksanaanya. Mutasi jabatan yang berlangsung saat ini, yang keluar maupun yang masuk pada hakekatnya semuanya mengemban amanat dan sebagai salah satu upaya pembinaan, khususnya pembinaan karier Perwira agar dapat mencapai kemajuan yang optimal dan pengalaman yang berharga dalam meningkatkan kemampuan baik pribadi maupun dalam organisasi.


Selanjunya Pangdam II/Swj mengatakan bahwa, dalam mengemban amanah yang baru, tentunya harus disyukuri. Kalau kita tidak mensyukuri tentunya tidak akan termotivasi dan tidak akan bersemangat. Akhir dari amanatnya Pangdam II/Swj mengucapkan terima kasih kepada Kolonel Pnb. Kusworo, S.E., M.M. yang secara maksimal telah melaksanakan tugas sebagai LO AU dan istri yang telah mendampingi suami selama menjalankan tugas. Selamat bertugas di tempat yang baru. Kemudian kepada Letkol Pnb. Abdullah Usman selamat bertugas sebagai LO AU serta kepada Letkol Inf Siswo Wiyono, selamat melaksanakan tugas sebagai Kapuskodaldam II/Swj, semoga pengalaman tugas selama ini dapat mendukung kelancaran pelaksanaan tugas di satuan baru.


Hadir dalam acara tersebut yaitu, Kasdam II/Swj, Irdam II/Swj, Para Asisten, Dan/Kabalakdam II/Swj, Ketua Persit beserta para Pengurus Persit KCK PD II/Swj. Sumber http://www.tni.mil.id

TIGA JABATAN STRATEGIS DI KOBANGDIKAL DISERAHTERIMAKAN



23 Okt 2009


KOBANGDIKAL (23/10),- Komandan Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL (Dankobangdikal ) Laksda TNI Sumartono memimpin langsung upacara serahterima tiga kasatker di lingkungan Kobangdikal yaitu jabatan Kepala Kelompok Tenaga Pendidik (Kapok Gadik), Direktur Pengkajian dan Pengembangan (Dirjianbang) serta Kepala Pusat Koperasi TNI AL (Kapuskopal) Kobangdikal di Gedung Mulyadi, Bumimoro, Surabaya (22/10).


Jabatan Kapokgadik diserahterimakan dari Kolonel Marinir Budianto Sutarto kepada Kolonel Laut (P) Cristianto Budi Maesa Paath. Kolonel Marinir Budianto Sutarto selanjutnya menempati jabatan baru sebagai Inspektur Korps Marinir.


Jabatan Dirjianbang diserahterimakan dari Kolonel Laut (KH) Sukamto kepada Kolonel Laut (P) Bambang Soesilo yang sebelumnya berdinas di Mabes TNI AL. Sedangkan Kolonel Laut (KH) Sukamto menempati jabatan sebagai Kapuskopal Kobangdikal menggantikan Kolonel Laut (KH) Gatot Kuncoro yang mutasi ke Inkopal di Jakarta.


Pergantian ini, menurut Dankobangdikal, hakikatnya merupakan proses untuk menjaga kesinambungan kepemimpinan dan merupakan bagian penting dari pembinaan perwonel pengawak organisasi dalam rangka mendinamisasikan organisasi agar senantiasa responsif dan antisipatif terhadap tantangan tugas ke depan.


Dankobangdikal berharap agar dengan pergantian ini muncul gagasan dan pemikiran kreatif konstruktif sehingga mampu menampilkan kinerja organisasi yang lebih baik dan membanggakan.


Jabatan Kapokgadik dan Dirjianbang merupakan posisi yang sangat penting dan strategis di lingkungan Kobangdikal. Kapokgadik mempunyai kedudukan sebagai pembantu Dankobangdikal di bidang pengajaran, evaluasi, penelitian dan pengkajian mutu dan metode pendidikan sesuai program pendidikan di Kobangdikal.


Sedangkan Dirjianbang merupakan unsur pembantu pimpinan dan staf di tingkat mako Kobangdikal yang bertugas merumuskan dan mengembangkan kebijakan Dankobangdikal dalam bidang pengkajian dan pengembangan pendidikan, kepustakaan serta evaluasi pendidikan di Kobangdikal.





Perannan kedua jabatan tersebut, menurut orang nomor satu di Kobangdikal itu, akan bertambah berat mengingat tugas Kobangdikal sebagai lemdik dituntut mampu memenuhi tuntutan tugas guna membentuk personel TNI AL yang semakin meningkat kualitas profesinya serta memiliki nilai kejuangan yang tinggi.


“Tuntutan tersebut, dilandasi oleh pemahaman bahwa tantangan tugas TNI AL ke depan diprediksi akan bertambah besar, berat dan kompleks. Tantangan tersebut hanya bisa dijawab melalui pendidikan yang mampu mencetak hasil didik yang responsif adaptif terhadap dinamika perubahan lingkungan,” tegas laksamana dengan dua bintang ini. Sumber http://www.tni.mil.id

PANGDAM JAYA/JAYAKARTA MENERIMA KORP RAPORT PINDAH DAN MASUK SATUAN JAJARAN KODAM JAYA



23 Okt 2009


KODAM JAYA (23/10),- Kita semua mengetahui bahwa serah terima tugas dan tanggung jawab jabatan merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kinerja organisasi sekaligus mengembangkan kemampuan para perwira, sehingga sudah menjadi suatu kewajaran, bahwa pelaksanaan serah terima jabatan dalam kehidupan militer tidak perlu disikapi secara berlebihan tegas Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal TNI Darpito Pudyastungkoro S.Ip MM pada saat menerima korps raport pindah dan masuk Satuan jajaran Kodam Jaya/Jayakarta. bertempat di Aula Sudirman Kodam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo No 5 Cililitan Jakarta Timur. Rabu (21/10).


Adapun perwira yang melaksanakan laporan korps serah terima jabatan adalah Staf Ahli Pangdam Jaya Bidang Ekonomi dari Kolonel Cpm Muchamad A. U Harun kepada Kolonel Inf Hadiyono, Kepuskop “A” Dam Jaya dari Kolonel Arh Winarta kepada Letnan Kolonel Inf Hifdizah, Karumkit TK II Kesdam Jaya dari Kolonel Ckm Dokter Douglas Singkara Umboh kepada Letnan Kolonel Ckm Drg Nurmandyanto, Asops Kasgartap I/Jakarta dari Kolonel Inf Mohamad Sugiarto S.Sos kepada Letnan Kolonel Inf Hayunadi, Kasetumdam Jaya dari Letnan Kolonel Caj Tuwari SM, kepada Letnan Kolonel Caj Drs Robin Sihaloho dan penyerahan tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan Staf Ahli Pangdam Jaya Bidang Ideologi dari Brigjen TNI Tory Johar Banguntoro kepada Pangdam Jaya serta Kapuskodalops dari Pangdam Jaya kepada Letnan Kolonel Inf Herlan Gunawan.


Lebih lanjut Pangdam menyampaikan jabatan adalah sarana pengabdian, bukan suatu tujuan untuk sekedar menambah kesejahteraan dan kewibawaan belaka, dengan demikian tidak ada jabatan yang bergengsi atau tidak bergengsi, jabatan yang baik atau buruk dan jabatan yang basah atau kering. Jabatan bukan untuk dibanggakan tetapi untuk dipertanggung jawabkan kepada Negara, Bangsa dan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu dalam pengabdian jangan hanya dinilai baik oleh atasan tapi lakukanlah dengan tulus ikhlas dalam mengambil bagian untuk menyelesaikan semua permasalahan Bangsa dan Negara khususnya Kodam Jaya.


Pada akhir sambutannya Pangdam Jaya menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada ibu-ibu yang telah dengan setia mendampingi para suami dalam melaksanakan tugas sehingga kesetiaan ibu-ibu sangat mewarnai keberhasilan para perwira dalam pengabdiannya kepada Negara dan Bangsa Indonesia.


Upacara laporan korps dihadiri oleh Kepala Staf Kodam Jaya Brigadir Jenderal TNI Moeldoko, Kepala Pos Wilayah Jawa Barat Badan Intelijen Nasional Brigadir Jenderal TNI Tory Johar, Irdam Jaya, Asisten Perencanaan Kodam Jaya, para Asisten Kasdam jaya, para Komandan Satuan dan Kabalak jajaran Kodam Jaya, Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD Jaya Ny. Koes Moeldoko. Sumber http://www.tni.mil.id

SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN LANTAMAL IX



23 Okt 2009


LANTAMAL IX (23/10),- Pada tanggal 20 Oktober 2009 dilaksanakan Upacara Serah terima Jabatan Komandan Lantamal IX dari Laksamana Pertama TNI Sudarsono Tjokrosiswojo kepada Laksamana Pertama TNI DR. Dadang S Wirasuta, SE, MM, MBA dengan Irup Pangarmatim Laksamana Muda Ignatius Dadiek Surarto. Upacara yang berlangsung di Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL IX dihadiri oleh Gubernur Maluku Bapak Albert Ralahalu, Pangdam XI/PTM Mayjen Noor Muis, Kapolda Maluku Brigjen Totoy Indra dan unsur Muspida Maluku.


Laksamana Pertama TNI Sudarsono Tjokrosiswojo menjabat Komandan Lantamal IX mulai tanggal 1 Nopember 2008 telah melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan dedikasi yang sangat tinggi meskipun masa dinasnya di TNI AL akan berakhir pada tanggal 1 Nopember 2009.


Banyak hal yang telah dilakukan oleh Laksamana Pertama TNI Sudarsono Tjokrosiswojo diantaranya meningkatnya KRI yang melaksanakan sandar di Ambon sedikitnya tercatat sebanyak 87 KRI, meningkatnya jumlah kapal tangkapan KRI yang diproses di pengadilan diantaranya poses hukum KM.J.KAN.I, MV. Ruanglarp – 7, KM. Kokas – 28, KM. Bahtera Nelayan – 2, KM. Surya Prima AA – 07, MV. Sriwichai – 2, KM. Maju Asean, KM. Fu Yuan Yu – 153, MV. Cokamnuaychai, KM. Kompak – 029, KM. Kompak – 030, KM. Naga Laut – 1, MV. Chokesiriporn, KM. Amirad – 02, KM. Putra Bahari, penerapan Reward and Phunisment yang tepat, meningkatnya kesejahteraan dan rasa kekeluargaan yang tinggi, pemberdayaan olahraga baik olahraga umum maupun olahraga perairan sehingga dapat memperoleh prestasi yang gemilang dan pada menjelang akhir jabatannya Laksamana Pertama TNI Sudarsono Tjokrosiswojo berupaya keras untuk mewujudkan terselesaikannya pembangunan Halong Beach Driving Range Lantamal IX dll.


Pengganti Laksamana Pertama TNI Sudarsono Tjokrosiswojo adalah Laksamana Pertama TNI DR. Dadang S Wirasuta,SE,MM,MBA, seorang akademisi yang telah banyak memperoleh gelar kesarjanaan dari berbagai bidang ilmu pengetahuan, tentu akan meneruskan tugas Laksamana Pertama TNI Sudarsono Tjokrosiswojo dengan lebih baik dan lebih inovatif serta lebih visioner. Beperapa jabatan strategis telah dilaksanakan oleh Laksamana Pertama TNI DR. Dadang S Wirasuta,SE,MM,MBA baik didalam maupun luar negeri dan saat ini Laksma TNI DR. Dadang S Wirasuta,SE,MBA masih menempuh pendidikan di Lemhanas. Pangarmatim Laksamana Muda Ignatius Dadiek Surarto menyatakan bahwa serah terima jabatan dalam suatu organisasi militer pada hakekatnya merupakan momentum formal yang dilaksanakan untuk memenuhi berbagai kepentingan yang bersifat strategik, yaitu merupakan salah satu bagian penting dari proses pembinaan, pengembangan dalam melaksanakan tugas, peran dan fungsinya. Peningkatan kemampuan dan kekuatan ini mutlak diperlukan TNI AL agar tetap mampu menghadapi tugas sesuai dengan dinamika perkembangan lingkungan strategik yang cepat berubah dan penuh dengan ketidakpastian serta berbagai kendala keterbatasan yang ada.


Selanjutnya Pangarmatim mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Laksamana Pertama TNI Sudarsono Tjokrosiswojo atas dharma bhaktinya selama menjabat sebagai Komandan Lantamal IX dengan segala prestasinya yang membanggakan dan kepada Laksamana Pertama TNI DR. Dadang S Wirasuta, SE, MM, MBA, Pangarmatim mengucapkan selamat atas jabatan barunya sebagai Komandan Lantamal IX dengan harapan semoga Lantamal IX akan menjadi lebih baik. Sumber http://www.tni.mil.id

KOMANDAN KAVALERI -2 MARINIR DI SERAHTERIMAKAN



23 Okt 2009


KORMAR (23/10),- Komandan Kavaleri-2 mar diserahterimakan dari Kolonel Marinir I Ketut Suarya kepada Kolonel Mar Cecep Ruhiat di Lapangan Apel Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (20/10).


Brigadir Jenderal TNI (MAR) P.Verry Kunto G, SH dalam amanatnya menyatakan serah terima jabatan pada dasarnya merupakan tuntutan alamiah dalam dinamika organisasi. Makna penting yang terkandung dalam serah terima jabatan Danmenkav-2 Mar adalah terealisasikannya upaya kaderisasi guna mendapatkan pembaruan semangat dan penyegaran pikiran serta memberikan kesempatan dan peluang bagi perwira-perwira pilihan untuk mengembangkan kreatifitas dan kemampuan konsepsionalnya guna mewujudkan organisasi yang lebih mantap, efisien, efektif dan produktif.


Menurut Jenderal bintang satu ini, Sertijab yang di laksanakan merupakan peristiwa yang sangat penting bagi Pasmar-2, karena Resimen Kavaleri-2 Marinir merupakan salah satu kekuatan inti dari Pasmar-2 dalam mendinamisasikan tugas, fungsi dan perannya, baik sebagai kekuatan Pasukan Pendarat Amphibi maupun sebagai salah satu komponen pembangunan bangsa.


Sebagai inti kekuatan pasukan pendarat Amphibi Resimen Kavaleri-2 Marinir mengemban misi pembinaan dan penggunaan kekuatan. Dalam bidang pembinaan Resimen Kavaleri-2 Marinir memiliki tugas pokok membina kemampuan sebagai Pasukan Pendarat Amphibi. Sedangkan dalam penggunaan kekuatan Resimen Kavaleri-2 Marinir bertugas melaksanakan pengamanan dalam negeri, operasi pengamanan pantai,serta kekuatan operasi di darat atau di laut.
Dalam mengaplikasikan tugas selaku inti kekuatan Pasukan Pendarat Amphibi Resimen Kavaleri-2 Marinir harus mampu membina dan menyediakan kekuatan unsur tempur Marinir dalam pelaksanaan operasi pendaratan Amphibi, Operasi Gabungan maupun tugas pertahanan lainnya, dalam rangka operasi militer perang dan operasi selain perang.


Dalam upacara Sertjab ini di hadiri oleh para Asisten Kaspasmar-2, para Komandan Kolak, Komandan Satlak Pasmar-2 dan para Prajurit Marinir. Sumber http://www.tni.mil.id

PANGDAM JAYA PIMPIN SIDANG PANTUHIR CALON SECABA PK



23 Okt 2009


KODAM JAYA (23/10),- Sidang Pantukhir Calon Sekolah Bintara Prajurit Karier Ta 2009 Panitia Daerah Jaya dipimpin langsung oleh Pangdam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal TNI Darpito Pudyastungkoro.S.Ip,MM bertempat di Aula Makodam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo Cililitan Jakarta Timur, Selasa (19/10).


Dalam pengarahannya kepada peserta sidang pemilihan Pangdam Jaya menyampaikan bahwa, tugas melaksanakan sidang pemilihan calon Bintara PK TNI merupakan suatu kehormatan bagi kita semua karena memilih para calon Prajurit TNI AD di masa depan, sehingga harus kita laksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.


Pangdam mengingatkan bahwa, sasaran kegiatan penerimaan calon Bintara PK TNI AD secara kuantitas adalah terpenuhinya alokasi penerimaan Bintara PK TNI AD TA 2009 sesuai program pembangunan kekuatan personel, dan secara kualitas adalah terpilihnya calon Bintara yang mewakili daerah/suku bangsa secara proporsional.


Animo masyarakat pada pendaftaran calon Secaba PK TNI AD TA 2009 berjumlah 4.000 orang, dari hasil seleksi awal yang terdiri dari seleksi administrasi, kesehatan, jasmani, wawancara dan psikologi yang lulus memenuhi syarat dan berhak untuk diajukan pada sidang penentuan terakhir (Pantukhir) sebanyak 423 orang calon terdiri dari 387 orang pria dan 36 orang wanita.


Hadir dalam acara sidang tersebut tim peninjau dari Staf Umum Angkatan Darat (Suad), Kasdam Jaya Brigadir Jenderal TNI Moeldoko, Irdam Jaya, Komandan Rindam Jaya, Asisten Intelijen Kasdam Jaya, Asisten Persone Kasdam Jaya, Asisten Operasi Kasdam Jaya, Kepala Ajudan Jenderal Kodam Jaya, Kepala Jasmani Kodam Jaya, Kepala Keuangan Kodam Jaya dan Kepala Kesehatan Kodam Jaya. Sumber http://www.tni.mil.id

SAFARI BINPOTDIRGA DI MAUMERE



22 Okt 2009


LANUD EL TARI (22/10),- Sabtu tgl 17-19 Oktober 2009 Komandan Lanud El Tari Letkol Pnb Joko Sugeng S. melaksanakan safari Binpotdirga dan kunjungan kerja ke Kabupaten Sikka Flores untuk meninjau perwakilan TNI AU yang ada di Maumere. Pada kunjungan tersebut Komandan Lanud El Tari menyempatkan untuk bertemu dengan Bupati Sikka di ruang kerja Bupati yang dilanjutkan dengan menyampaikan paparan yang dihadiri oleh unsur SKPD dan Muspida Kabupaten Sikka.


Paparan yang dilaksanakan di Kantor Bupati Sikka berlangsung selama 1 jam yang di lanjutkan dengan Tanya jawab. Dalam kesempatan tersebut Danlanud menjelaskan tentang tugas-tugas TNI AU pada umumnya dan Lanud El Tari pada khususnya dikaitkan dengan posisi Propinsi NTT secara geografis dengan harapan dapat membuka wawasan mereka terhadap masalah-masalah kedirgantaraan yang nantinya akan menimbulkan pemahaman dan kesamaan persepsi tentang tugas-tugas serta operasi TNI AU sehingga dapat bekerjasama dengan baik.


Safari Binpotdirga yang dilaksanakan oleh Danlanud El Tari juga diisi dengan memberikan ceramah dan pembekalan siswa siswi kelas 3 dari SMA 1 dan 2 Maumere yang berjumlah 540 orang siswa. Materi ceramah diberikan oleh Letkol Pnb Joko Sugeng S. mengenai TNI AU dan kedirgantaraan. Pada penyampaian pembekalan oleh Danlanud El Tari para Siswa mengikuti dengan antusias hal itu terlihat pada saat sessi Tanya jawab banyaknya siswa yang menyampaikan pertanyaan kepada Danlanud hingga pada saat waktu selesai. Letkol Pnb Joko Sugeng S. juga memberikan pesan dan pemahaman kepada para siswa agar menghindari kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan seperti merokok, miras, narkoba dan perkelahian. Sumber http://www.tni.mil.id

DUA JABATAN STRATEGIS DI KOBANGDIKAL DISERAHTERIMAKAN

22 Okt 2009


KOBANGDIKAL (22/10),- Dua jabatan strategis di lingkungan Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL (Kobangdikal) diserahterimakan dalam suatu upacara militer yang dipimpin oleh Komandan Pusat Pendidikan Teknik (Danpusdiktek) Kolonel Laut (T) Suprayitno di lapangan Laut seram, Kobangdikal, Surabaya, Rabu (21/10).


Kedua jabatan itu, masing-masing adalah Komandan Pusat Pendidikan Polisi Militer (Danpusdik Pomal) dan Komandan Pusat Penyelamatan Kapal, Nuklir, dan biokimia (Danpuspeknubika). Danpusdikpomal diserahterimakan dari Kolonel Laut (PM) Zulkifli Mahmud kepada Letkol Laut (PM) Hari Murti yang sebelumnya bertugas di Puspomal. Kolonel Laut (PM) Zulkifli Mahmud selanjutnya menempati jabatan barunya di Puspomal.


Sedangkan jabatan Danpuspeknubika diserahterimakan dari Kolonel Laut (T) Robby Darwin Suwita kepada Kolonel Laut (T) Bambang Purnama yang sebelumnya merupakan Guru Militer (Gumil). Kolonel Laut (T) Robby Darwin Suwita selanjutnya menempati jabatan barunya di ekolah Staf dan Komando (Seskoal).


Dalam amanatnya, Danpusdiktek mengatakan bahwa serah terima ini merupakan dinamika organisasi dan rangka regenarasi kepemimpinan dan pembinaan personel. Makna dari pergantian ini adalah adanya harapan dengan semangat baru yang disandarkan kepada para pengganti untuk mampu meningkatkan kondisi yang lebih baik secara berkesinambungan.


Pergantian ini, lanjutnya, sangat ditentukan oleh pejabatnya sebagai decission maker yang memegang peran sentral dalam organisasi sehingga akan terwujud kemampuan Kodikdukum Kobangdikal khususnya Pusdikpomal dan Puspeknubika sebagai lembaga pendidikan yang mampu menghasilkan SDM yang siap pakai dan dapat merespon tantangan masa mendatang.


“Sertijab ini pada hakekatnya merupakan simbol formal, tekad dan komitmen di jajaran TNI AL untuk merefleksikan semangat pembaharuan dan kaderisasi dalam rangka mewujudkan komando pelaksana di jajaran Kobangdikal yang semakin profesional dan berkualitas,” ujarnya.


Pada bagian akhir amanatnya, Danpusdiktek meminta kepada seluruh jajaran Pusdikpomal dan Puspeknubika untuk mendukung sepenuhnya kepada komandan yang baru. “Jalin Koordinasi den kerjasama yang baik antar satker dan pusdik, agar tugas yang diemban dapat lebih ringan dan lebih mudah dilaksanakan,” tegasnya. Sumber http://www.tni.mil.id

PANGDAM I/BB : SERAH TERIMAKAN JABATAN ASOPS KASDAM I/BB



21 Okt 2009


KODAM I/BB (21/10),- Serah terima jabatan merupakan hal yang lazim dalam dinamika suatu organisasi dengan tujuan untuk pengembangan karier, menambah wawasan dan pengalaman dalam penugasan serta pematangan dalam kepemimpinan, sehingga pada saatnya menjadi bekal yang berguna dalam pelaksanaan tugas-tugas selanjutnya. Demikian dikatakan Pangdam I/BB Mayjen TNI Burhanudin Amin dalam amanatnya saat menjadi Irup serah terima jabatan Asops Kasdam I/BB dari Kolonel Binarko Sugihantyo kepada Letkol Inf Arif Rahman, Aslog Kasdam I/BB dari Kolonel Arh Hardi Ariyanto Kepada Letkol Arm Broto Guncahyo, S.Sos dan sekaligus penyerahan tugas wewenang dan tanggung jawab jabatan Kakesdam I/BB dari Pangdam I/BB kepada Kolonel Ckm dr. M. H. Edy Mahidin Sp. THT, di Makodam I/BB Jl. Binjai Km 7,5 Medan, Selasa (20/10).


Pangdam I/BB dalam sambutannya mengatakan jabatan merupakan kehormatan dan kepercayaan yang harus diterima dengan rasa syukur, sebab jabatan merupakan suatu kepercayaan dan amanah yang harus diemban dan di pertanggung jawabkan, tidak hanya kepada manusia tetapi juga di pertanggung jawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu laksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya, tunjukan prestasi, dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang tinggi serta menjadi motivasi serta bekerja keras untuk meraih keberhasilan yang sudah diraih sebelumnya.


Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan, acara ini dibuat bersama-sama dengan harapan untuk lebih mempercepat waktu dan yang penting tidak mengurangi makna acara tersebut. Pangdam juga menjelaskan tentang tugas-tugas staf operasi, tugas-tugas staf logistik Kodam I/BB dan tugas-tugas Kakesdam I/BB secara terinci, dengan harapan untuk pejabat yang baru dapat memberikan yang terbaik dalam menyukseskan pelaksanaan tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan yang baru.


Kemudian Pangdam I/BB berharap juga kepada para unsur pimpinan secara terus menerus berupaya meningkatkan pembinaan Satuan mulai dari tingkat perorangan sampai tingkat Satuan sehingga kesiapan Satuan dapat dipelihara dengan baik. Komandan Satuan merupakan sosok yang paling bertanggung jawab terhadap kinerja Satuan untuk itu bangun komunikasi dua arah antara pimpinan dengan yang dipimpin secara terbuka penuh persahabatan dan kekeluargaan sehingga akan efektif dalam pencapaian tugas pokok.


Hadir dalam acara tersebut Kasdam I/BB, Asrendam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Staf Ahli Pangdam I/BB, Kabalakdam I/BB, Dandim 0201/BS, Danyon BS sewilayah Medan, Ketua dan Wakil ketua beserta pengurus Persit PD I/BB. Sumber http://www.tni.mil.id

KOLONEL PNB NANANG SANTOSO DANLANUD PEKANBARU



21 Okt 2009


LANUD PEKANBARU (21/10),- Alih tugas dan alih jabatan dilingkungan TNI Angkatan udara dilaksanakan secara terencana, teratur dan berkesinambungan, dalam organisasi. Yang merupakan mekanisme tour of duty dan tour of area yang bertujuan membina personel dan mendayagunakan sumber daya manusia secara optimal demikian dikatakan Pangkoopsau I Marsma TNI Imam Sufaat, S.IP. saat memberikan sambutannya pada acara sertijab Komandan Pangkalan TNI AU Pekanbaru dari Kolonel Pnb Dody Trisunu kepada Kolonel Pnb Nanang Santoso, Jum’at (16/10).


Marsma TNI Imam sufaat mengharapkan setiap anggota harus meningkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk ancaman yang membahayakan negara, karena Lanud Pekanbaru bertugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan dan pengoperasian seluruh Satuan dalam jajarannya, pembinaan potensi dirgantara, serta menyelenggarakan dukungan operasi bagi Satuan lainnya.


Serah terima jabatan Danlanud Pekanbaru diawali dengan Rapat Paripurna PIA Ardhya Garini Cabang 12/D I, Rabu (14/10), dilanjutkan upacara serah terima Jabatan Komandan Lanud Pekanbaru , Jum’at (16/10), Serah terima jabatan Pengurus PIA Ardhya Garini Cabang 12/D I Lanud Pekanbaru dan peresmian rumah jabatan Komandan Lanud Pekanbaru.


Dalam peresmian rumah jabatan Danlanud dilaksanakan penyerahan rumah jabatan dari Gubernur Provinsi Riau kepada Pangkoopsau I selanjutnya Pangkoopsau I menyerahkan kepada Danlanud Pekanbaru untuk pemakaian dan perawatan rumah tersebut.


Hadir dalam upacara sertijab/peresmian rumah dinas Danlanud Pekanbaru Gubernur Prov. Riau H. M Rusli Zaenal, Kapolda Riau, Wakil Gubernur Prov. Riau H.R Mambang Mit, Danrem 031/WB, Danlanal Dumai, Ketua DPRD Prov Riau, Walikota Pekanbaru, Bupati Rohul, unsur muspida kota Pekanbaru, komandan Satuan TNI/POLRI se Provinsi Riau dan undangan. Sumber http://www.tni.mil.id

PANGDAM I/BB BERANGKATKAN KONTINGEN PELETON TANGKAS



21 Okt 2009


KODAM I/BB (21/10),- Untuk meraih keberhasilan dan kesuksesan dalam mengikuti lomba Peleton tangkas kita harus tetap waspada, konsentrasi dan jangan sombong agar upaya dalam meraih prestasi tercapai demikian dikatakan Pangdam I/BB pada saat melepas keberangkatan Kontingen Peleton Tangkas Kodam I/BB di Balai Prajurit Makodam I/BB Jl. Binjai Km. 7,5 Medan, Senin (19/10).


Lebih lanjut disampaikan Pangdam I/BB untuk mempersiapkan kontingen Peleton Tangkas Kodam I/BB telah dilakukan seleksi secara bertahap dan selektif guna memilih peserta peleton tangkas yang memenuhi syarat dan mampu dibidang olah raga militer yang dapat diandalkan dan mampu mengharumkan nama Kodam I/BB di jajaran TNI Angkatan Darat.


Pangdam I/BB Mayjen TNI Burhanudin Amin menegaskan kita harus cerdik dalam menerapkan taktik dan teknik yang tepat agar dapat membawa kemenangan.


Dalam meraih kemenganan kita harus menunjukan disiplin yang tinggi, loyalitas, semangat dan kemampuan serta sportivitas dengan berpedoman kepada aturan yang ada. Manfaatkan waktu, kesempatan dan kemampuan yang kalian miliki, lebih baik kalah dengan cara terhormat dari pada menang lomba dengan cara yang hina dan curang tegasnya.


Kapendam I/BB Letnan Kolonel Caj DR. H. Asren Nasution, MA dalam press releasenya mengatakan, kontingen Peleton tangkas Kodam I/BB telah mempersiapkan diri dengan melaksanakan latihan secara bertahap dan terpusat guna mempersiapkan diri untuk menghadapi lomba Peleton Tangkas untuk tingkat Kotama jajaran TNI AD yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 s/d 22 November 2009 di Akmil Magelang Jawa Tengah.


Hadir dalam acara tersebut Kasdam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Staf Ahli Pangdam I/BB, Kabalak, Dandim 0201/BS, para Danyon BS dan peserta serta pendukung Peleton Tangkas Kodam I/BB. Sumber http://www.tni.mil.id

MARINIR INDONESIA DAN AMERIKA BANGUN SEKOLAHAN



20 Okt 2009


DISPENAL (20/10),- Marinir Amerika yang biasa disebut United States Marine Corps (USMC) dan US Navy bergabung dengan Korps Marinir TNI AL untuk membangun gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 05 Banyu Putih, Situbondo, Jawa Timur, Senin, (19/10).


Kegiatan yang dimulai sejak 17 Oktober 2009 ini merupakan bagian dari rangkaian Latihan Bersama (Latma) yang digelar Marinir Indonesia dan Amerika dengan nama Interoperability Field Training Exercise (IIP-FTX) Marine Exercise (Marex) 2009, dengan Komandan Latihan Kolonel Marinir Nur Alamsyah.


Menurut Wakil Kepala Sekolah SDN 05 Banyu Putih H. Burawi, S.Pdi dan salah satu guru Sukwan Juma’ani, A.Ma, SDN 05 Banyu Putih didirikan pada tahun1983 tanpa memiliki gedung sendiri. Ketika itu proses belajar mengajar dilakukan di teras rumah Ketua RT 01/02 dukuh Bugeman, Disan, dengan jumlah murid 20 anak yang kemudian mendapat tambahan dari dukuh Pondok Langgar hingga jumlahnya meningkat menjadi 73 siswa.


Pada tahun 1985, Dinas Pendidikan Ranting Banyu Putih mendirikan gedung SDN 05 Banyu Putih dengan 3 ruang kelas dan 1 ruang guru yang berlantaikan plester semen. Tahun 2000 dilakukan renovasi lantai diganti dengan tegel beton yang dipakai hingga sekarang. Kini, gedung berukuran 8 x 30 meter yang dibangun diatas areal tanah seluas 1.500 m2 itu tengah dilakukan renovasi bangunan berupa dinding, atap, plafon, kusen dan daun pintu jendela, kunci dan pengaitnya serta pengecatan.


Pekerjaan pembangunan yang dikomandani Mayor Mar Edi Riyaldi serta Komandan Peleton Lettu Mar Rudik Kuskundarto ini seluruhnya dilakukan secara gotong royong antara Korps Marinir TNI AL dengan Marinir Amerika (USMC) dan US Navy.


Sementara itu pada hari yang sama, di Puskesmas Banyu Putih telah digelar kegiatan bakti sosial kesehatan gratis yang juga dilakukan oleh Marinir Indonesia, USMC dan US Navy. Pada hari pertama dari kegiatan yang digelar selama 3 hari itu didapat 257 pasien yang mayoritas menderita penyakit mata, asam urat, dan asma, meski ada beberapa pasien hernia, kulit, diare, gigi dan lain-lain.


Menurut salah satu interpreter Letda Mar Bagus Kresno, panitia sedikit mengalami kesulitan komunikasi justru terhadap pasien yang hanya mampu berbahasa daerah. Pasalnya, dirinya hanya menyiapkan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, sehingga ia memanfaatkan seorang teman yang berada didekatnya sebagai penterjemah bahasa Madura.


Ada adegan unik, ketika seorang pasien penyakit mata Miskaya (61 tahun), warga desa Curah Temu kecamatan Banyu Putih hendak diperiksa dokter mata, dirinya mendapat perintah untuk membaca huruf mulai dari huruf kecil hingga huruf besar tetapi dirinya selalu mengatakan tidak bisa, setelah ditanya kepada rekannya ternyata seorang nenek yang telah memiliki 5 cucu ini memang buta huruf. Sumber http://www.tni.mil.id

PERAYAAN HUT KORPASKHAS KE-62 DI LEBANON



20 Okt 2009


DISPENUM (20/10),- Satuan Tugas Kontingen Garuda TNI menggelar upacara HUT KORPASKHAS ke-62, di lapangan apel Sudirman Camp Naqoura-Libanon, Senin (19/10). Bertindak sebagai Komandan Upacara - Kapten Psk Joko Sutopo yang merupakan Alumni Akademi TNI Angkatan Udara (AAU) tahun 2000. Sedangkan Inspektur upacara dijabat langsung oleh Komandan Satuan Tugas Force Headquaters Support Unit (FHQSU) TNI Kontingen Garuda XXVI-A, Kolonel Mar Saud Tamba Tua.


Dalam sambutan Komandan Korps Pasukan Khas (Dankorpaskhas) TNI Angkatan Udara dalam rangka Peringatan HUT Korpaskhas ke-62, yang dibacakan oleh Dansatgas Konga XXVI-A mengatakan, keberanian dan semangat juang yang telah diperlihatkan oleh para pelopor prajurit Paskhas mengandung nilai-nilai luhur tersendiri dan telah berkembang menjadi tradisi bagi prajurit Korpaskhas.


Hal ini perlu terus ditumbuhkembangkan, tambah Dankorpaskhas sebagai modal utama dalam menjalankan tugas masa depan. Sebab, tanpa menghayati nilai-nilai jiwa dan semangat juang prajurit pendahulu kita, sistem senjata yang betapa-pun canggih dan handalnya akan kurang mempunyai arti dalam menyelesaikan tugas yang penuh dengan berbagai ragam tantangan.


Upacara dihadiri oleh Wakil Komandan UNIFIL Sektor Timur - Kolonel Inf Bambang Sudiono, Komandan Konga XXIII-C Letkol Inf R. Haryono serta para Staff Officer UNIFIL HQ serta Staff Officer UNIFIL Sektor Timur. Pasukan upacara terdiri dari gabungan prajurit Kontingen Garuda XXIII-C dan XXVI-A, yang pada akhir upacara dilanjutkan dengan acara foto bersama. Dan dilanjutkan makan siang bersama yang didahului dengan pemotongan tumpeng oleh Wakil Komandan UNIFIL Sektor Timur - Kolonel Inf Bambang Sudiono yang diserahkan kepada prajurit termuda dari Satuan Korpaskhas. Sumber http://www.tni.mil.id

OPERASI GAKTIP MENEKAN TINDAK PELANGGARAN ANGGOTA



19 Okt 2009


KOLINLAMIL (19/10),- Dinas Provost Komando Lintas Laut Militer menurunkan petugas di sekitar lingkungan Mako Komando Lintas Laut Militer dalam rangka mencegah dan menekan berbagai bentuk pelanggaran disiplin dan pelanggaran lainnya yang dilakukan oleh anggota Kolinlamil, Jum at (16/10).


Gelar operasi Gaktib yang dipimpin secara langsung oleh Kepala Dinas Provost Kolinlamil Mayor laut (PM) Slamet Riyadi tersebut dilaksanakan secara berlanjut dan periodik dalam rangka menekan berbagai bentuk pelanggaran disiplin dan tindak pelanggaran lainnya yang dilakukan oleh prajurit TNI AL dan Pegawai negeri Sipil (PNS) yang bertugas di Komando Lintas laut Militer.


Operasi Gaktip tersebut dilaksanakan sesuai dengan kebijakan Pimpinan Kolinlamil bahwa untuk mencegah sejak dini keterlibatan anggota terhadap bentuk-bentuk pelanggaran diantaranya keterlibatan dan penggunaan obat-obatan terlarang , miras, pelanggaran lalu lintas dan bentuk pelanggaran lainnya.


Kegiatan tersebut dilaksnakan mengingat kondisi lingkungan kantor Kolinlamil berada dan berdekatan dengan kawasan pelabuhan serta lingkungan lainnya yang sangat komplek , dapat menimbulkan dan mempengarui kondisi mental dan moral para prajurit serta berbagai bentuk kerawanan yang dapat melibatkan prajurit TNI AL di Kolinlamil.


Oleh karena itu Dinas Provost Kolinlamil melaksanakan kegiatan pemeriksaan di setiap unsur KRI yang sedang sandar di pangkalan maupun unsur yang sedang lego jangkar di perairan Tanjung Priok Jakarta. Demikian juga dengan lingkungan kantor maupun disekitarnya serta di lingkungan mess tidur dalam Anggota kolinlamil.


Kegiatan operasi Gaktip pada saat masuk Mako Kolinlamil antara lain dilaksanakan pemeriksaan kelengkapan surat-surat sebagai prajurit dan PNS , kelengkapan surat-surat kendaraan maupun kelengkapan pakaian dinas sesuai dengan ketentuan.


Bagi prajurit TNI AL dan PNS yang bertugas di Kolinlamil apabila tertangkap melakukan pelanggaran disiplin maupun tindak pelanggaran serta tindak pidana lainnya tetap akan diproses sesuai dengan ketentuan. Sumber http://www.tni.mil.id

LETKOL LAUT (P) SUPARDI KOMANDAN KRI TANJUNG NUSANIVE-973

19 Okt 2009


KOLINLAMIL (19/10),- Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Dansatlinlamil) Jakarta Kolonel Laut (P) B. Ken Tri Basuki melantik Letkol Laut (P) Supardi menjadi Komandan KRI Tanjung Nusanive-973 dalam suatu upacara penyerahan jabatan bertempat di Ballroom KRI Tanjung Nusanive, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok Jakarta, Kamis (15/10).


Letkol Laut (P) Supardi dilantik menjadi komandan KRI Tanjung Nusanive menggantikan Letkol Laut (P) Alex Syahril yang pindah tugas ke Kemenpolhukam.


Dansatlinlamil Jakarta dalam amanatnya mengatakan bahwa jabatan komandan KRI merupakan jabatan yang sangat strategis, yang memiliki kewenangan dan power yang sangat luas. “Oleh karena itu berbanggalah kepada para perwira yang dipercaya TNI AL dan Negara untuk menjadi komandan KRI” Katanya.


Ditambahkannya, seorang komandan harus mengetahui, menguasai dan memahami kondisi peralatan dan kondisi seluruh anak buah dengan segala permasalahan yang ada. Hendaknya seorang komandan dapat dijadikan sebagai guru, bapak sekaligus sebagai atasan bagi seluruh anak buahnya. ”Untuk itu para komandan dituntut untuk tegas tapi tidak kasar, bijak tapi tidak lambat, disiplin tapi tidak kaku dan senantiasa mampu mengantisipasi terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi sesuai dengan perkembangan lingkungan strategis yang ada” tegasnya.


Letkol Laut (P) Supardi adalah alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 36 tahun 1990. sebelum menjabat sebagai komandan KRI Tanjung Nusanive sebelumnya berdinas di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.


Hadir dalam acara serah terima jabatan tersebut segenap Komandan KRI jajaran Satlinlamil Jakarta yang sedang berada di Pangkalan Jakarta. Sumber http://www.tni.mil.id

DANDIM 0605/SUBANG BUKA BSMSS TAHUN 2009

16 Okt 2009


KODAM III/SILIWANGI (16/10),- Dandim 0605/Subang Letkol Inf Stepanus Mahury Membuka Program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Tahun 2009, bertempat di Desa Pringkasap Pabuaran Kabupaten Subang, Kamis (15/10).


Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa di wilayah Kodim 0605/Subang akan berlangsung selama 14 hari mulai tanggal 15 – 28 Oktober 2009.


Sasaran kegiatan berupa pembuatan Tembok Penahan Tanah (TPT) atau kirmir sepanjang 700 meter dengan ketinggal 0,6 meter dan lebar 0,25 meter disepanjang jalan Desa Pringkasap Kecamatan Pabuaran Kabupaten Subang.


Pembuatan kirmir melalui progam BSMSS akan menelan biaya sebesar Rp. 64.750.000,- yang merupakan dukungan dari Pemda Subang sebesar Rp. 50.000.000,- dan Pemprov Jabar Rp. 14.750.000,- tersebut akan dilaksanakan oleh 92 personel terdiri dari 30 prajurit TNI organik Kodim 0605/Subang, 10 Wanra, 2 orang dari SKPD Pemda Subang dan 50 orang warga masyarakat setempat.


Upacara pembukaan Program BSMMS ditandai dengan penyerahan alat-alat kerja secara simbolis oleh Dandim 0605/Subang kepada perwakilan prajurit dan masyarakat.


Selain membangun kirmir atau Tembok Penahan Tanah sebagai sasaran fisik, program BSMMS juga akan melaksanakan sasaran non fisik berupa penyuluhan tentang bahaya terorisme, penyuluhan kesadaran bela negara serta silaturahmi dengan seluruh komponen masyarakat.


Dalam sambutannya Dandim 0605/Subang Letkol Inf Stepanus Mahury mengharapkan kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa Tahun 2009 sebagai bagian dari program pembinaan teritorial bisa menjadi salah satu program pemberdayaan dalam rangka membantu kesulitan masyarakat, dan program pembangunan Pemerintah Daerah. Sekaligus sebagai salah satu upaya mempercepat program pembangunan di daerah. Sumber http://www.tni.mil.id

64 TAHUN ZENI ANGKATAN DARAT



16 Okt 2009


KODAM VI/TPR (16/10),- Peringatan HUT Zeni Angkatan Darat wilayah Kalimantan Selatan dilaksanakan di lapangan Denzipur-8/GM Guntung Payung Banjarbaru pada Kamis pagi (15/10) dengan inspektur upacara Danrem 101/Ant Kolonel Inf Heros Paduppai. Upacara yang dihadiri oleh Danrindam VI/Tpr, Kasrem 101/Ant beserta staf, Dansat Brimob, Dandim 1006/Mtp, 1007/Bjm, 1009/Plh, para Dan / Ka Balak Aju wilayah Korem 101/Ant , para sesepuh Zeni wilayah Kalimantan Selatan dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 101/Ant beserta pengurus.


Dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danrem 101/Ant, Direktur Zeni Angkatan Darat Brigadir Jendral TNI Didik Prijanto mengingatkan bahwa peringatan ulang tahun ini hendaknya dapat dijadikan momentum untuk melakukan evaluasi dan instropeksi dalam menilai dan mengukur sejauh mana pencapaian keberhasilan pelaksanaan tugas dimasa lalu untuk kemudian dijadikan acuan bagi penyempurnaan pelaksanaan tugas dimasa yang akan datang.


Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Danrem 101/Ant yang diserahkan kepada salah satu prajurit Denzipur-8/GM. Sumber http://www.tni.mil.id