91 PERWIRA JAJARAN KODAM IM NAIK PANGKAT

03 Okt 2009


KODAM IM (3/10),- Sebanyak 91 Perwira di jajaran Kodam Iskandar Muda (IM), Kamis (1/10) siang, menerima kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. Dari ke-91 perwira itu, sebanyak 3 orang di antaranya menerima kenaikan pangkat menjadi Kolonel, 19 orang Letkol, 39 orang Mayor, 19 Kapten, dan 11 orang Lettu. Prosesi kenaikan pangkat para Perwira Kodam IM itu dipusatkan di Balai Teuku Umar Kodam IM, Banda Aceh.


Panglima Kodam (Pangdam) Iskandar Muda, Mayjen TNI Soenarko dalam laporan “Corps Kenaikan Pangkat Perwira Kodam Iskandar Muda” mengatakan, kenaikan pangkat dalam kehidupan militer, diberikan kepada setiap prajurit yang mampu menunjukkan prestasi, loyalitas dan dedikasi yang baik. Sehingga yang bersangkutan dinilai patut dan layak mendapat kehormatan dari negara berupa kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi.


Bertepatan dengan Hari Peringatan Kesaktian Pancasila, itu Pangdam IM mengharapkan kepada para perwira yang menerima kenaikan pangkat itu, mampu mempertanggungjawabkan makna dari kenaikan pangkat tersebut. Sehingga dalam sanubari prajurit akan tertanam pemahaman, bahwa kenaikan pangkat benar-benar diberikan secara obyektif, layak dan terukur kepada prajurit yang berprestasi.


Mayjen TNI Soenarko menyebutkan, kenaikan pangkat juga harus dijadikan sebagai wahana mawas diri sekaligus berupaya untuk meningkatkan kualitas kinerja dan pengabdian kepada satuan, bangsa, dan negara. “Sadari dan camkan bahwa dalam institusi TNI, kenaikan pangkat tidaklah identik dengan naiknya taraf kesejahteraan,” ungkap Mayjen TNI Soenarko.


Untuk itu, tegas Pangdam, jangan menuntut berbagai macam fasilitas kesejahteraan setelah kenaikan pangkat tersebut. “Jangan sekali-kali menuntut sesuatu yang bukan haknya, tetapi laksanakan kewajiban dan tugas sebagai seorang perwira, karena masalah hak prajurit sudah ada aturan yang baku dan jelas,” tegas Soenarko. Sumber http://www.tni.mil.id