SERTIJAB DANKORSIS SESKOAL



01 Okt 2009


SESKOAL (1/10),- Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Ir.Soedjiwo, M.Sc, bertindak sebagai Irup pada upacara serah terima jabatan Dankorsis Seskoal dari Kolonel Marinir Arie Tuhono kepada Kolonel Marinir Bambang Suswantono.yang dilaksanakan di lapangan apel Seskoal. Kamis (1/10).


Pada amanatnya, Danseskoal mengatakan, upacara serah terima jabatan Dankorsis Seskoal dari Kolonel Marinir Arie Tuhono kepada Kolonel Marinir Bambang Suswantono. Pelaksanaan serah terima jabatan pada hakikatnya merupakan momentum formal untuk memenuhi tuntutan pembinaan personel yang lebih luas dan menjangkau jauh ke depan. Disamping itu serah terima jabatan juga merupakan refleksi dari upaya konseptual dan terprogram untuk meningkatkan kinerja organisasi, agar senantiasa memiliki kualitas penampilan yang semakin baik dari waktu ke waktu. Melalui serah terima jabatan ini diharapkan pejabat baru dapat menuangkan ide-ide dan nuansa baru dalam mendinamisasikan organisasi agar keberadaan Seskoal selaku Lembaga Pendidikan maupun Pengkajian, semakin mampu menjawab segala bentuk tantangan tugas yang semakin kompleks.


Komandan Korsis adalah unsur pembantu dan pelaksana pimpinan dalam menyelenggarakan semua kegiatan yang menyangkut Korps Siswa. Di dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, Dankorsis bertanggung jawab kepada Komandan Seskoal, sedangkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, Dankorsis dibawah pengarahan dan koordinasi Wadan Seskoal, dengan menyelenggarakan fungsi sebagai berikut: Pertama; mengajukan pertimbangan dan saran kepada Danseskoal yang berhubungan dengan bidang tugasnya. Kedua; Menyiapkan kebijaksanaan Danseskoal dibidang Korps Siswa. Ketiga; memimpin dan membina Korps Siswa guna menjamin terselenggaranya fungsi Korps Siswa. Keempat; bertanggung jawab atas pelaksanaan program Korps Siswa. Kelima; menetapkan rencana dan program kerja Korsis sesuai dengan rencana dan program Seskoal. Keenam; mengawasi dan mengendalikan program kerja Korsis guna menjamin tercapainya sasaran program secara berhasil dan berdaya guna.


Sehubungan dengan hal tersebut, kepada pejabat baru, Kolonel Marinir Bambang Suswantono selaku Dankorsis Seskoal, Danseskoal mengucapkan selamat atas kepercayaan yang telah diberikan Pemimpin TNI AL kepada Kolonel. Hendaknya hasil yang telah dicapai oleh pejabat sebelumnya dapat diteruskan dan lebih ditingkatkan serta ditemukan terobosan dan masukan baru demi kemajuan Seskoal. Tugas ini merupakan tugas berat bags Kolonel, namun saya percaya, berdasarkan pengalaman dan kemampuan dalam penugasan sebelumnya, tugas yang berat ini dapat saudara laksanakan dengan sebaik-baiknya. Dan Kepada Kolonel Marinir Arie Tuhono, pada kesempatan Danseskoal mengucapkan terima kasih yang sebesarbesarnya atas bhakti dan pengabdiannya demi peningkatan kemajuan Seskoal. Selama Kolonel menjabat Dankorsis telah banyak ide yang dituangkan, serta saya ucapkan selamat atas jabatan baru Kolonel sebagai Sahli Pang "B" Komsos Koarmabar.


Pada akhir amanatnya Danseskoal menyampaikan beberapa penekanan kepada pejabat baru Dankorsis; Pertama: Laksanakan tugas dan kewajiban serta pengabdian untuk berperan serta aktif mencetak calon Pemimpin TNI AL dimasa depan, dan bimbinglah Para Siswa agar siap menghadapi tuntutan tugas pada masa yang akan datang, untuk menjadi TNI AL yang Besar, Kuat dan Profesional. Dan berdayakan seluruh komponen yang ada di Seskoal, agar lebih berprestasi dengan memberikan motivasi dalam mengikuti setiap aktivitas. Kedua: Tingkatkan profesionalisme melalui jalur formal maupun informal, agar dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan mutakhir kepada para Perwira Siswa Dikreg Seskoal Angkatan ke-47, maupun Perwira Siswa yang akan datang. Ketiga: Tingkatkan mekanisme kerjasama dengan semua pihak, baik intern maupun ekstern Seskoal, agar diperoleh hasil yang optimal. Selanjutnya jadikan mekanisme ini semakin balk dan efektif, yang pada gilirannya; Seskoal sebagai "Center of Excellence" dan bukan hanya slogan semata, tetapi menjadi suatu realita.


Serah terima Dankorsis Seskoal ini di ikuti oleh seluruh anggota dan Pasis Dikreg 47 seskoal. Sumber http://www.tni.mil.id