JABATAN DANDIM 0505/JAKARTA TIMUR DISERAHTERIMAKAN



LETKOL INF HERMAN ASARIBAB KE SPERSAD
30 Sep 2009


KODAM JAYA (30/9),- Jabatan Komandan Kodim 0505/Jakarta Timur, Selasa (29/9) kemarin diserahterimakan dari Letnan Kolonel Inf Herman Asaribab kepada penggantinya Letnan Kolonel Arm I Made Karyawan dalam suatu upacara militer di markas Kodim, Cakung, Jakarta Timur


Kepada pejabat lama dan baru, undangan dan peserta upacara, Danrem 051/Wijayakarta Kolonel Inf M. Nasir mengatakan, pergantian jabatan bukan sebagai upaya penyegaran dalam rangka kesejahteraan.


Menurutnya, pergantian jabatan harus dipahami sebagai kesinambungan pembinaan satuan dalam rangka menjaga eksistensi organisasi pada masa mendatang. Selain tu juga sebagai barometer untuk mengembangkan kemampuan Perwira dalam dimensi kepemimpinan, manajerial dan profesionalisme keprajuritan.


Sebagaimana diketahui, tugas-tugas Satuan Komando Distrik Militer (Kodim) berkaitan dengan fungsi kewilayahan dalam rangka pertahanan negara.


Terkait dengan itu, Danrem mengemukakan, potensi wilayah Kodim 0505/Jakarta Timur memiliki wilayah tanggung jawab yang cukup strategis. Jakarta Timur, paparnya, didominasi komunitas masyarakat, para pekerja dari berbagai sektor industri nasional.


Dikatakan, wilayah yang melingkupi berbagai instansi militer terbanyak di wilayah DKI Jakarta ini, juga merupakan daerah dengan aktivitas very very important person (VVIP) sangat padat. Konsekuensinya, kondisi itu memerlukan pengamanan ekstra dan penuh perhatian setiap saat.


”Khusus pada tugas pengamanan VVIP, jangan dijadikan tugas pengamanan sebagai kegiatan rutinitas atau seremonial saja, tapi laksanakan setiap tugas pengamanan dengan serius, terkoordinasi dengan baik dan selalu berpedoman pada prosedur tetap yang ada” kata Danrem.


Lebih jauh Kolonel Inf M. Nasir juga mengingatkan kondisi wilayah Jakarta Timur yang sampai saat ini masih rawan banjir, terutama saat musim penghujan.


Hal tersebut berpengaruh signifikan terhadap kehidupan sosial masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan.


”Kondisi ini, jika ditinjau dari kepentingan pertahanan, merupakan tantangan tersendiri yang harus disikapi secara profesional oleh setiap anggota Kodim 0505/Jakarta Timur, di mana sebagai satuan kewilayahan diharapkan mampu menjadi pemrakarsa terciptanya ketahanan nasional di wilayah tanggung jawabnya” kata Danrem menambahkan.


Menghadapi kondisi tersebut, Danrem mengharapkan, melalui pendekatan dialogis dan kebersamaan para prajurit Kodim 0505/JT dapat mengajak berbagai kalangan masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran bela negara. Pendekatan yang baik itu juga yang diyakini meningkatkan rasa cinta tanah air, serta siap menjadi bagian dari komponen pertahanan yang memiliki semangat kesatuan dan persatuan yang tinggi.


Danrem 051/Wkt juga mengharapkan, personel Kodim 0505/JT wajib mempersiapkan diri dengan terus mengembangkan dan meningkatkan kemampuan profesional.


”Tingkatkan kemampuan komunikasi sosial dan tampilkan sebagai prajurit rakyat yang memiliki keunggulan moral, penuh etika, kesantunan, taat hukum serta memiliki kepekaan sosial yang tinggi dalam menjalani kehidupan bermasyarakat” ujarnya lagi.


Pada kesempatan itu Danrem 051/Wkt berterima kasih dan menyampaikan penghargaan kepada Letnan Kolonel Inf Herman Asaribab. Mantan Komandan Batalyon 751/BS Jayapura dan Komandan Secaba Rindam Jaya/Jayakarta ini dipandang telah menunjukkan pengabdian dan dedikasi yang baik dalam membina satuan Kodim 0505/Jakarta Timur.


Sementara itu, Letnan Kolonel Arm I Made Kariawan diminta menindaklanjuti karya positif yang dirintis pejabat lama dan mengupayakan karya-karya terbaik.


Letnan Kolonel Inf Herman Asaribab, putra Papua kelahiran Jayapura ini selanjutnya akan menjabat sebagai Pabandya 1/Mindik Spaban II/Bindik Spersad, Mabes Angkatan Darat, Jakarta. Sementara itu, Letnan Kolonel Arm I Made Kariawan sebelumnya menjabat Kepala Seksi Teritorial Korem 052/Wijayakrama.


Hadir dalam upacara tersebut Kepala Rumah Sakit Kodam Jaya Ridwan Meureksa Kolonel Ckm dr Doeglas Singkara Umboh, Perwira LO AU, Komandan Lanud Halim Perdana Kusuma, Kapolres Metro Jakarta Timur dan para Dandim jajaran Korem 051/Wkt dan para Komandan Satuan jajaran Kodam Jaya.


Hadir juga, Muspiko Kodya Jakarta Timur, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para tokoh pemuda se-Kotamadya Jakarta Timur, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Korem 051 PD Jaya beserta pengurusnya.


Usai upacara serah-terima jabatan Dandim, Persit KCK PD Jaya melaksanakan acara serah-terima jabatan Ketua Sub Cabang Kodim 0505/JT Koorcab Rem 051 PD Jaya. Sumber http://www.tni.mil.id