JENDERAL BARDALAI KUNJUNGI SATGAS TNI DI LEBANON

28 Sep 2009

PUSPEN TNI (28/9),- Deputy Force Commander (DFC) Unifil - Brigadir Jenderal Apurba Kumar Bardalai berkunjung ke Markas Batalyon Infanteri Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-C/Unifil (Indobatt/Indonesian Battalion) di UN POSN 7-1 Adshit al Qusayr, Jum’at (25/9). Ini adalah kunjungan DFC yang pertama sejak Satgas TNI Konga XXIII-C bertugas di Lebanon Selatan atau bergabung pada misi Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) awal Desember 2008.

Pada kunjungan kerjanya yang merupakan program kerja Unifil, orang nomor dua di jajaran Unifil ini di terima oleh Komandan Batalyon Infanteri Mekanis TNI Konga XXIII-C/Unifil, selaku Dansatgas Konga XXIII-C, Letnan Kolonel Infanteri Raden Haryono beserta seluruh Perwira di jajaran Indobatt. Mengawali kunjungannya, DFC menerima paparan dari Dansatgas tentang daerah tanggung jawab (Area of Responsibility Indobatt), hal-hal yang menjadi perhatian khusus selama pelaksanaan operasi, serta daerah-daerah rawan atau hot spot di sekitar perbatasan Israel-Lebanon yang sangat sensitif terhadap perubahan situasi dan keamanan di Lebanon Selatan.

Disamping itu, DFC juga menerima penjelasan tentang kegiatan Operasional Satgas seperti Observation Post (OP), Area Domination Patrol (ADP), Counter Rocket Launching Operation (CRLO), Check Point (CP) maupun Joint Patrol dengan Lebanese Armed Forces (LAF) atau kontingen negara lain berdasarkan perintah operasi dari komando atas, termasuk Battalion Mobile Reserve (BMR) yang siap digerakkan kapan saja.

Pada kesempatan tersebut Jenderal dari Angkatan Darat India ini juga menanyakan tentang kedatangan 1 kompi tambahan dari Indonesia dan daerah operasi yang akan menjadi tanggung jawabnya serta kesiapan akomodasi personelnya. Selesai paparan, Dansatgas memberikan cinderamata kepada DFC berupa plakat yang berisi lambang Kontingen Garuda XXIII-C dan sebelum meninggalkan Markas Indobatt Jenderal Bardalai menanam sebuah pohon yang merupakan tradisi dari Indobatt dalam setiap menerima kunjungan pejabat Unifil.

Kunjungan DFC dilanjutkan dengan pengecekan ke salah satu check point Indobatt yang berada tepat di perbatasan Lebanon-Israel. Pada kesempatan itu, Deputy Force Commander dan rombongan dari Unifil melaksanakan kunjungan ke TP-37 untuk melihat secara langsung keadaan perbatasan antara Israel - Lebanon yang hanya dibatasi oleh pagar kawat beraliran listrik (technical fence), dimana pada posisi itu sering dijadikan sebagai tempat berunjuk rasa bagi masyarakat setempat maupun partai-partai lokal yang tidak jarang memicu terjadinya ketegangan dengan IDF (Israeli Defence Forces). Sumber http://www.tni.mil.id