KRI KAKAP-811 AMANKAN KAPAL TIDAK BERDOKUMEN LENGKAP



06 Okt 2009

ARMATIM (6/10),- Kapal Perang TNI Angkatan Laut KRI Kakap-811 dari jajaran unsur Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) yang sedang melaksanakan patroli keamanan laut telah berhasil mengamankan kapal layar motor KLM. Sinas Jaya-04 yang diduga melakukan tindak pelanggaran hukum di laut disekitar perairan Teluk Tolo, Sulawesi Tengah, belum lama ini, Jumat (2/10).

Menurut Komandan KRI Kakap Mayor Laut (P) Tunggul, kapal tersebut berusaha melarikan diri ketika hendak diperiksa, sehingga terlihat mencurigakan. Dari hasil pemeriksaan awal, Nahkoda kapal tidak bisa menunjukkan surat maupun dokumen kapal secara lengkap, seperti tidak mengibarkan bendera, tidak memiliki sertifikasi keselamatan, dan tanda pendaftaran tidak terpasang di kapal. Kapal yang dinakodai oleh Syamsu warga negara Indonesia itu selanjutnya dikawal ke Pangkalan TNI AL Kendari untuk proses hukum dan penyidikan lebih lanjut.

Kapal yang diamankan tersebut berbobot 34 GT (gros ton), meiliki ABK (Anak Buah Kapal) 6 orang, semuanya warga negara Indonesia. Saat diperiksa muatannya kosong. sumber http://www.tni.mil.id