JABATAN KOMANDAN GUSPURLA KOARMATIM DISERAHTERIMAKAN



07 Okt 2009

KOARMATIM (7/10),- Jabatan Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Timur (Guspurla Koarmatim) diserahterimakan dari Laksamana Pertama TNI RM. Harahap kepada penggantinya Kolonel Laut (P) Widodo, SE, sebelumnya menjabat sebagai Sahli Pangarmatim, sedangkan Laksamana Pertama TNI RM Harahap akan menjabat sebagai Kepala Staf Kolinlamil. Upacara serahterima jabatan dilaksanakan di Dermaga Koarmatim Ujung, Surabaya, Selasa (6/10), bertindak selaku Irup Pangarmatim Laksamana Muda TNI Ign Dadiek Surato.

Dalam amanatnya Pangarmatim mengatakan, bahwa tantangan tugas ke depan semakin kompleks dan mencakup dimensi yang cukup luas. Dengan adanya komitmen nasional yang menempatkan sektor kelautan sebagai salah satu andalan pembangunan nasional di masa mendatang, menuntut peran TNI AL yang lebih besar dalam menjamin keamanan dan tegaknya hukum diseluruh perairan yurisdiksi nasional.

Dikatakan oleh Pangarmatim, bahwa Guspurla Koarmatim sebagai komando pelaksana operasional yang berkedudukan langsung dibawah Pangarmatim, memiliki tugas pokok melaksanakan proyeksi kekuatan guna menyelenggarakan operasi tempur laut yang meliputi operasi laut dan operasi amfibi, baik untuk mendukung pengendalian laut maupun untuk mencapai tujuan-tujuan strategis dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di laut.

Guspurla Koarmatim sebagai komando pelaksana operasi memiliki tugas yang cukup kompleks, terlebih lagi bila dihadapkan dengan perkembangan situasi global yang menunjukkan adanya kecenderungan peningkatan tindak kejahatan dan pelanggaran hokum di perairan wilayah kerja Koarmatim.

“Hal ini memberikan konsekuensi bahwa sebagai pelaksana di lapangan Yang bertugas mengamankan wilayah perairan Indonesia Timur, Guspurla Koarmatim harus terus menerus meningkatkan kemampuan kinerja lebih optimal dan mempertahankan kesiapsiagaan personelnya,” kata Pangarmatim. sumber http://www.tni.mil.id