BIOGRAFI SINGKAT GUBERNUR JAWA TIMUR


H. M. BASOFI SOEDIRMAN
1993 - 1998



Mayor Jenderal TNI (Purn). M.Basofi Soedirman lahir di desa Ngrawuh, Bojonegoro, 20 Oesember 1940. Karier militernya dimulai setelah menyelesaikan pendidikan di AMN dengan pangkat Letnan Dua.

Kemudian meningkat sampai menjadi Kasdam Bukit Barisan (1986-1987). Karier di bidang pemerintahan dimulai ketika ditunjuk sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta bidang pemerintahan (1987-1993).

Basofi Sudirman adalah Gubernur Jawa Timur yang ke 11, dilantik tanggal 26 Agustus 1993 di Surabaya. Selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur M. Basofi Sudirman mencanangkan program Gerakan Kembali ke Oesa (GKO) yang pada intinya setiap daerah-daerah di Jawa Timur ingin memberdayakan seluruh potensi yang ada di setiap daerah tingkat II di Jawa Timur.

Di sela-sela memimpin Jawa Timur, iamasih menyempatkan diri sebagai kolumnis dan menulis artikel di sejumlah harian dan majalah seperti Kompas, Tempo, Jayakarta dll. Beliau juga legowo jika dikritik atas kebijakan yang dibuatnya. Gubernur yang dikenal dekat dengan ulama dan generasi muda ini juga pintar menyanyi , bahkan sempat membuat album yang cukup terkenal berjudul "Tidak semua laki-laki." Beliau mengakhiri masa jabatannya pada agustus 1998.

sumber http://www.arsipjatim.go.id