Mohammad Mahfud MD Ketua Mahkamah Konstitusi 2008-2011


Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, SH, SU

Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, SH, SU, terpilih menjadi ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2008-2011. Ia didampingi Abdul Muhktie Fadjar sebagai wakil ketua MK. Pemilihan berlangsung terbuka di ruang sidang pleno gedung MK, Jakarta, Selasa (19/8/2008). Mahfud menggantikan Jimly Asshiddiqie yang sudah dua periode menjabat ketua MK.

Pemilihan Ketua MK yang diikuti sembilan hakim konstitusi berlangsung dua putaran. Pada putaran pertama, Mahfud dan Jimly sama-sama meraih empat suara dan satu suara abstain. Pada putaran kedua, Mahfud unggul atas Jimly dengan 5-4 suara.

Mahfud, pria kelahiran Sampang, Madura, 13 Mei 1957, itu adalah alumnus dan guru besar Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, juga lulusan Fakultas Sastra dan Kebudayaan serta doktor hukum tata negara UGM. Sebelumnya, ia anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) DPR dan mantan Menteri Pertahanan di era Presiden Gus Dur (Kabinet Persatuan Nasional). Ia terpilih menjadi hakim konstitusi di DPR dan dilantik menjadi hakim konstitusi pada 1 April 2008.

Suasana demokratis terlihat selama proses pemilihan. Mahfud, sesaat setelah terpilih, langsung menghampiri Jimly dan saling berjabat tangan. Jimly pun mengucapkan selamat dan mendukung ketua baru MK. Mahfud juga menilai Jimly Asshiddiqie telah membawa MK dikenal publik sebagai lembaga yang transparan dan akuntabel. Kemudian ia berjanji akan menjaga independensi dan netralitas MK serta bertindak sebagai negarawan dalam setiap keputusannya. Sekarang, saya menjadi negarawan, dulu politikus,'' kata Mahfud. Selama ini Jimly pun, selaku ketua MK, telah menunjukkan diri sebagai negarawan.

Sementara, pemilihan wakil ketua MK berlangsung lebih a lot dalam tiga putaran. Putaran pertama, empat hakim konstitusi meraih suara, yakni Abdul Mukthie Fadjar (dua suara), Maruarar Siahaan (dua suara), M Akil Mochtar (tiga suara), dan M Arsyad Sanusi (satu suara). Satu suara, abstain.



Sesuai Tata Tertib MK, jika belum ada yang meraih 50 persen suara, proses pemilihan dilanjutkan ke putaran kedua. Pada putaran kedua, Mukthie meraih empat suara, Maruarar tiga suara, dan Akil dua suara. Belum juga ada yang mencapai 50 persen suara. Pemungutan suara putaran ketiga dilakukan dengan memilih dua kandidat peraih suara tertinggi. Akhirnya, Mukhtie, lulusan Fakultas Hukum UGM pada 1970, terpilih dengan meraih lima suara, mengalahkan Maruarar yang meraih empat suara.


Hakim Mahkamah Konstitusi Periode 2008-2011
Ketua :Moh Mahfud MD (DPR)
Wakil Ketua:Abdul Mukthie Fadjar (Presiden)
Anggota:
Jimly Asshiddiqie (DPR)
Akil Mochtar (DPR)
Ahmad Shodiki (Presiden)
Maria Farida Indrati (Presiden)
Maruarar Siahaan (MA)
M Arsyad Sanusi (MA)
Muhammad Alim (MA)



Biografi
Nama :Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, SH, SU
Lahir:Sampang, Madura, 13 Mei 1957
Agama:Islam
Jabatan:Ketua Mahkamah Konstitusi, 2008-20111

Pendidikan:
- Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta
- Fakultas Sastra dan Kebudayaan UGM
- Doktor hukum tata negara UGM, 1993

Karir:
- Ketua Mahkamah Konstitusi, 2008-2011
- Hakim Konstitusi, 2008-2013
- Anggota DPR (Fraksi PKB), 2004-2008
- Menteri Pertahanan Kabinet Persatuan Nasional, 1999-2001
- Dosen, Guru Besar Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta

Alamat: Mahkamah Konstitusi RI Jl. Medan Merdeka Barat No. 6 Jakarta 10110 Telp. 23529000

►ti
*** TokohIndonesia DotCom (Ensiklopedi Tokoh Indonesia)