Muhammad Noeh Mantan Rektor ITS Jadi Menkominfo


Muhammad Noeh


Mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Prof Dr Ir Muhammad Nuh, dipilih Presiden Yudhoyono sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), menggantikan Sofyan Djalil. Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jatim ini menguasai bidang teknologi informasi.

Pria kelahiran Surabaya 17 Juni 1959, anak ketiga dari 10 bersaudara dari keluarga petani, itu adalah lulusan S1 Teknik Elektro ITS pada 1983. Gelar S2 dan S3 diraihnya dari Universite Science et Technique du Languedoc Montpellier Prancis. Dia juga telah dianugerahi gelar guru besar bidang ilmu digital system, 2004.

Suami dari seorang dokter gigi Laily Rachmawati, dan ayah dari seorang putri yang saat ini sedang kuliah di ITS semester dua, Rachma Rizqina Mardhotillah, itu menjabat rektor ITS pada 2003-2007.

Nuh ditelepon oleh staf Presiden SBY pada 5 Mei 2007 untuk menemui Presiden di Puri Cikeas, Bogor. Saat dipanggil itu, Nuh tidak merasa terkejut. Dia sudah menduga bakal dipercaya masuk kabinet. Apalagi setelah berbincang dengan Presiden di Cikeas itu, membahas seputar informasi dan teknologi. Nuh, Ketua Yayasan Pendidikan Al Islah Surabaya, itu sudah yakin bahwa pos yang akan dipercayakan kepadanya adalah Menkominfo.



"Ketika saya dipanggil Presiden ke kediamannya di Cikeas, beliau bilang, tolong dikembangkan ICT (information and communication technology)," kata Nuh. Kendati diminta konsentrasi di bidang teknologi informasi, Nuh mengaku tidak akan mengabaikan bidang lain seperti masalah penyiaran dan pers.

Muhammad Noeh mengatakan akan merencanakan suatu sistem yang terintegrasi antardepartemen, sehingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono lebih mudah memantau kinerja tiap departemen.

Setelah mendengar pengumuman reshuffle kabinet yang disampaikan langsung Presiden SBY, Senin 7 Mei 2007, Nuh mengatakan akan segera mempelajari portofolio Departemen Komunikasi dan Informatika serta meneruskan rencana jangka pendek maupun jangka panjang departemen tersebut. Nuh mengaku tidak akan mengubah banyak apa yang sudah berjalan saat ini. Namun, ia berkeinginan menyatukan semua informasi dari tiap departemen dengan konsep information bridge. ►e-ti/


Nama :Prof Dr Ir Muhammad Noeh
Lahir :Surabaya 17 Juni 1959
Agama :Islam
Jabatan:Menteri Komunikasi dan Informatika

Isteri :drg Laily Rachmawati
Anak :Rachma Rizqina Mardhotillah


Pendidikan:
- Fakultas Teknik Elektro ITS, 1983
S2 Jurusan Signaux et System, Universite Science et Technique du Languedoc Montpellier Pranci, 1987
- S3 Jurusan Signaux et System, Universite Science et Technique du Languedoc Montpellier Prancis, 1990

Karir:
- Ketua Jurusan Teknik Elekronika, Politeknik Negeri Surabaya ITS, 1992-1993
- Direktur Politeknik Negeri Surabaya ITS, 1997-2003
- Guru Besar ITS, 2004
- Rektor ITS, 2003-2006
- Menkominfo, 2007-2009
*** TokohIndonesia DotCom (Ensiklopedi Tokoh Indonesia)