Mustafa Abubakar



Mustafa Abubakar, Dr. Ir. (lahir di Pidie, Kabupaten Pidie, Nanggroe Aceh Darussalam, 15 Oktober 1949; umur 60 tahun) adalah Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Bersatu II dan mantan Direktur Utama Perusahaan Umum (PERUM) Badan Urusan Logistik (BULOG) Republik Indonesia. Ia juga adalah mantan Pelaksana Tugas Harian Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam.
[sunting]
Masa kecil dan pendidikan

Masa kecil dan remajanya dihabiskan di Meureudu, Aceh. Kuliah S1 sampai S3 dijalaninya di Institut Pertanian Bogor.




Karier

Darah kepemipinannya sudah lahir sejak kecil yang pintar berpidato, pernah menjadi Ketua Dewan Mahasiswa IPB Bogor, Ketua Ikatan Konsultan Indonesia (INKINDO), juga pernah menjadi Ketua Masyarakat Perikanan Indonesia. Kegigihannya dalam hidup juga didasari oleh latar belakang keluarganya yang miskin di Meureudu Pidie yang mendorongnya bersaing di panggung nasional. Kesuksesan kepemimpinannya juga terbukti dalam penyelenggaraan Pilkada Gubernur Provinsi NAD yang pertama di Indonesia dengan calon Independen pada tahun 2007.
[sunting]
Kehidupan sosial

Dalam bidang sosial Mustafa termasuk figur yang ramah, bisa bersosialiasi dengan siapapun dan cepat mengambil keputusan apapun. Ini terbukti selama 10 tahun (2 Periode) memimpin paguyuban masyarakat Aceh untuk daerah sekitar Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek) yang berlangsung dengan sukses dan mengembirakan.

Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia ke-5 Sedang Menjabat



Mulai menjabat 22 Oktober 2009
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Pendahulu Sofyan Djalil

Lahir 15 Oktober 1949 Pidie, Kabupaten Pidie, Nanggroe Aceh Darussalam
Kebangsaan Indonesia
Almamater Institut Pertanian Bogor
Agama Islam