BIOGRAFI SINGKAT GUBERNUR JAWA TIMUR


H. IMAM UTOMO S
1998-2003 & 2003-2008



Mayor Jenderal TNI (Purn). Imam Utomo S. lahir di Jombang, Jawa Timur 14 Mei 1943. Kariemya dimulai di bidang militer setelah menamatkan AMN pada tahun 1965 dan terus menanjak hingga menjadi Pang dam V Brawijaya. la ditetapkan sebagai Gubernur Jawa Timur tanggal 26 Agustus 1998 -20 Agustus 2003. Sedangkan periode kedua berlangsung 26 Agustus 2003 -26 Agustus 2008. Pada periode ke dua ini pemilihan Gubernur dilakukan melalui pemilihan di DPRD Propinsi Jatim, setelah berhasil mengalahkan

calon Gubernur, Abdullah Kahfi yang berpasangan dengan Ridwan Hisjam yang diusung oleh FPKB dan Fraksi Golkar, melalui pemungutan suara. Pada periode awal kepemimpinannya, negara dalam kondisi krisis ekonomi pada tahun 1998. Bahkan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur masih minus 10 persen Seiring berjalannya waktu dengan komitmen yang tinggi Imam Utomo berhasil dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan memberikan berbagai kemudahan kredit pada usaha kecil menengah (UKM). Memasuki tahun ketiga periode pertama sebagai Gubernur mencanangkan berbagai program seperti Pembangunan Terminal Agribisnis di Ngagel, Pasar Induk Agrobisnis yang direncanakan di daerah Sidoarjo, Pembangunan lumbung pangan, keamanan di Jatim ditingkatkan serta menjalin hubungan yang harmonis antar ulama dan masyarakat.

Disamping sukses dalam bidang pangan, juga sukses dalam penyelenggaraan paN xv 2000, peningkatan keamanan, pengentasan kemiskinan dan pengangguran. Lima tahun kedepan nanti pembangunan Jawa Timur secara makro dengan memperoleh pendidikan pemulihan ekonomi penyelenggara nilai-nilai agama. Di bidang pendidikan, membuat

kebijakan dengan menggratiskan biaya SPP bagi anak usia sekolah 6 -15 tahun sejak 2004. la juga memprakarsai pembangunan Jembatan Suramadu (Surabaya- Madura). Beberapa penghargaan yang pernah diterima Bintang Mahaputra Utama di bidang Koperasi dan UKM, Juara umum dalam lomba kelautan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Beliau akan mengakhiri jabatan pada tanggal 26 Agustus 2008. Gubernur yang pernah mendapat predikat Man of the year tahun 2003 versi Memorandum ini dianggap memiliki rekor memimpin seperti Gubernur HM. Noer.

Berbagai penghargaan tidak kurang dari 70 jenis pengharagaan tingkat nasional maupun internasional telah diraihnya selama memimpin Jawa Timur.

sumber http://www.arsipjatim.go.id