DUA RESIMEN MARINIR BERGANTI KOMANDAN

14 Okt 2009


KORMAR (14/10),- Dua resimen Marinir, yaitu Resimen Artileri-1 Marinir dan Resimen Kavaleri-1 berganti komandan setelah pejabat lama dan baru melaksanakan serah-terima jabatan, Kamis (8/10) di lapangan Apel Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya.


Jabatan Komandan Resimen Artileri-1 Marinir diserahterimakan dari Kolonel Marinir FX. Deddy Susanto yang akan menempati pos baru di Kobangdikal, kepada penggantinya Kolonel Marinir RB. Heraspati.


Sementara itu, jabatan Komandan Resimen Kavaleri-1 Marinir diserahterimakan dari Kolonel Marinir Yuliandar akan menempati pos baru sebagai Aspers Kaspasmar-1, kepada Letkol Marinir Lasmono.


Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Mendra yang memimpin upacara itu mengatakan, serah-terima jabatan dalam suatu organisasi khususnya organisasi militer, memiliki dua makna yang sangat penting dan strategis.


Dikatakan, pertama bermakna sebagai seremonial rutin dalam rangka tour of duty dan tour of area untuk mendinamisasikan kinerja organisasi.


Kedua, itu merupakan suatu peluang dan kesempatan bagi perwira-perwira terpilih untuk menunjukkan kemampuan-kemampuannya dalam ruang dan waktu dalam rangka mengimplementasikan kepemimpinan lapangan baik dalam dimensi ilmu maupun seni.


Dengan pergantian itu, diharapkan muncul ide-ide baru yang memunculkan terobosan dalam rangka membina Satuan agar lebih optimal.


Lebih lanjut Brigjen TNI (Mar) I Wayan Mendra mengatakan, Resimen Kavaleri-1 Marinir dan Resimen Atrileri-1 Marinir di jajaran Pasmar-1 merupakan komando pelaksana operasional dan sekaligus Komando Pelaksana pembinaan yang mempunyai tugas pokok membina dan menyediakan kekuatan dan kemampuan seluruh unsur-unsur jajarannya.


Dengan Tugas pokok tersebut, lanjutnya, Resimen Kavaleri-1 Marinir dan Resimen Artileri-1 Marinir memiliki tugas yang sangat berat, oleh karenanya sangat dibutuhkan kerja yang sangat keras, kerja cerdas, inovasi, dedikasi yang tinggi agar semua unsur-unsurnya mampu terbina dengan baik.


”Kita patut bersyukur bahwa dari waktu ke waktu Resimen Kavaleri-1 Marinir dan Resimen Artileri-1 Marinir telah mampu melaksanakan tugas-tugas tersebut sesuai dengan tuntutan yang berkembang” katanya menambahkan.


Menurut tegas Danpasmar-1, menghadapi masa depan yang sarat dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta lingkungan strategik yang sangat dinamis, setiap prajurit Resimen Kavaleri-1 Marinir dan Resimen Artileri-1 Marinir dituntut untuk mawas diri dan antisipatif dengan cara meningkatkan profesionalitas dan kesiapan tempurnya sehingga mampu menghadapi tantangan dimasa-masa mendatang.


Pada upacara itu digelar berbagai kendaraan tempur yang dimiliki Resimen Kavaleri-1 Marinir dan Resimen Artileri-1 Marinir.


Pada gelar itu terdapat satu unit tank roket, dua unit Kapa PTS, dua unit roket RM 70 Grad, empat unit tank AMX 10 PAC 90, empat unit tank ampfibi PT 76 M, dan empat unit BVP 2.


Terdapat juga dua unit AMX 10 P, dua unit BTR 50 PK, dua unit BTR 50 PM, dua unit Kapa K 61, dua unit truk Unimog, empat pucuk HOW 122 mm, empat pucuk HOW 105 mm dan dua unit roket 37 mm.


Hadir dalam kesempatan tersebut Danpomal Lantamal V Surabaya Kolonel Laut (PM) Zulfa Akmal, Dandim 0830/Surabaya Utara Letkol Inf Supriono, Dandim 0831/Surabaya Timur Letkol Inf Abdullah, Kapolres Surabaya Selatan AKBP Lakoni Wira Negara, pejabat teras Pasmar-1 dan para tamu undangan. Sumber http://www.tni.mil.id