PANGDAM XVII/CENDERAWASIH TERIMA SATGAS YONIF 527/BY DAN YONIF 713/ST



27 Okt 2009


KODAM XVII/CEN (27/10),- Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen A.Y Nasution menerima Satgas Yonif 527/BY dan Satgas 713/ST di Buper Waena Jayapura, Sabtu (24/10) dengan upacara militer. Dalam upacara tersebut dihadiri oleh para pejabat TNI di wilayah Jayapura antara lain Danlanud Jayapura, Danrem 172/PWT, Asintel Lantamal X Jayapura dan sejumlah pejabat Kodam XVII/Cenderawasih.


Seusai upacara Pangdam memberikan pengarahan kepada seluruh anggota Satgas yang juga diikuti oleh para undangan yang hadir. Didalam pengarahannya Pangdam memberikan penekanan tentang pentingnya makna pepatah “Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung”, dimana anggota satgas harus segera menyesuaikan dengan lingkungan dan masyarakat sebagai pedoman dan kunci pokok keberhasilan tugas. Hal ini seiring dengan sesanti Kodam yaitu “Ksatria Pelindung Rakyat”, yang bermakna bahwa apabila TNI membantu rakyat maka rakyat akan membantu TNI, bila TNI melindungi rakyat maka rakyat akan melindungi TNI dan apabila TNI mencintai rakyat maka rakyat akan mencintai TNI, tambah Pangdam.


Musuh terbesar yang bisa menggagalkan tugas pokok penugasan adalah diri sendiri. Tidak waspada, tidak disiplin dan tidak semangat adalah sikap-sikap yang muncul karena kurangnya pengendalian diri. Menurut Pangdam sikap kewaspadaan yang meliputi kesabaran,ketelitian, ketekunan dan ketelatenan selama melaksanakan penugasan operasi di wilayah Papua harus selalu menjadi pegangan diri seluruh anggota satgas.


Diakhir arahannya Pangdam berpesan kepada seluruh perwira agar selalu membangun kebersamaan, mencintai dan memahami prajurit-prajurit bawahannya karena perwira adalah tauladan bagi anggota-anggotanya dalam melaksanakan tugas. Selain itu agar senantiasa berdoa, menyerahkan diri dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap memulai dan menghakhiri kegiatan, demikian pesan Pangdam.


Yonif 527/BY dipimpin oleh Letkol Inf Ramli akan menggantikan Yonif 511/DY dan Yonif 713/ST dipimpin oleh Letkol Inf Jhonny Djamaris akan menggantikan Yonif 725/WRG. Selama satu Minggu sebelum menempati pos masing-masing mereka akan diberikan pembekalan tentang tugas-tugas yang akan dilaksanakan sebagai pasukan Pengamanan Perbatasan RI-PNG. Sumber http://www.tni.mil.id