SERAH TERIMA JABATAN KOMANDAN LANTAMAL IX



23 Okt 2009


LANTAMAL IX (23/10),- Pada tanggal 20 Oktober 2009 dilaksanakan Upacara Serah terima Jabatan Komandan Lantamal IX dari Laksamana Pertama TNI Sudarsono Tjokrosiswojo kepada Laksamana Pertama TNI DR. Dadang S Wirasuta, SE, MM, MBA dengan Irup Pangarmatim Laksamana Muda Ignatius Dadiek Surarto. Upacara yang berlangsung di Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL IX dihadiri oleh Gubernur Maluku Bapak Albert Ralahalu, Pangdam XI/PTM Mayjen Noor Muis, Kapolda Maluku Brigjen Totoy Indra dan unsur Muspida Maluku.


Laksamana Pertama TNI Sudarsono Tjokrosiswojo menjabat Komandan Lantamal IX mulai tanggal 1 Nopember 2008 telah melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan dedikasi yang sangat tinggi meskipun masa dinasnya di TNI AL akan berakhir pada tanggal 1 Nopember 2009.


Banyak hal yang telah dilakukan oleh Laksamana Pertama TNI Sudarsono Tjokrosiswojo diantaranya meningkatnya KRI yang melaksanakan sandar di Ambon sedikitnya tercatat sebanyak 87 KRI, meningkatnya jumlah kapal tangkapan KRI yang diproses di pengadilan diantaranya poses hukum KM.J.KAN.I, MV. Ruanglarp – 7, KM. Kokas – 28, KM. Bahtera Nelayan – 2, KM. Surya Prima AA – 07, MV. Sriwichai – 2, KM. Maju Asean, KM. Fu Yuan Yu – 153, MV. Cokamnuaychai, KM. Kompak – 029, KM. Kompak – 030, KM. Naga Laut – 1, MV. Chokesiriporn, KM. Amirad – 02, KM. Putra Bahari, penerapan Reward and Phunisment yang tepat, meningkatnya kesejahteraan dan rasa kekeluargaan yang tinggi, pemberdayaan olahraga baik olahraga umum maupun olahraga perairan sehingga dapat memperoleh prestasi yang gemilang dan pada menjelang akhir jabatannya Laksamana Pertama TNI Sudarsono Tjokrosiswojo berupaya keras untuk mewujudkan terselesaikannya pembangunan Halong Beach Driving Range Lantamal IX dll.


Pengganti Laksamana Pertama TNI Sudarsono Tjokrosiswojo adalah Laksamana Pertama TNI DR. Dadang S Wirasuta,SE,MM,MBA, seorang akademisi yang telah banyak memperoleh gelar kesarjanaan dari berbagai bidang ilmu pengetahuan, tentu akan meneruskan tugas Laksamana Pertama TNI Sudarsono Tjokrosiswojo dengan lebih baik dan lebih inovatif serta lebih visioner. Beperapa jabatan strategis telah dilaksanakan oleh Laksamana Pertama TNI DR. Dadang S Wirasuta,SE,MM,MBA baik didalam maupun luar negeri dan saat ini Laksma TNI DR. Dadang S Wirasuta,SE,MBA masih menempuh pendidikan di Lemhanas. Pangarmatim Laksamana Muda Ignatius Dadiek Surarto menyatakan bahwa serah terima jabatan dalam suatu organisasi militer pada hakekatnya merupakan momentum formal yang dilaksanakan untuk memenuhi berbagai kepentingan yang bersifat strategik, yaitu merupakan salah satu bagian penting dari proses pembinaan, pengembangan dalam melaksanakan tugas, peran dan fungsinya. Peningkatan kemampuan dan kekuatan ini mutlak diperlukan TNI AL agar tetap mampu menghadapi tugas sesuai dengan dinamika perkembangan lingkungan strategik yang cepat berubah dan penuh dengan ketidakpastian serta berbagai kendala keterbatasan yang ada.


Selanjutnya Pangarmatim mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Laksamana Pertama TNI Sudarsono Tjokrosiswojo atas dharma bhaktinya selama menjabat sebagai Komandan Lantamal IX dengan segala prestasinya yang membanggakan dan kepada Laksamana Pertama TNI DR. Dadang S Wirasuta, SE, MM, MBA, Pangarmatim mengucapkan selamat atas jabatan barunya sebagai Komandan Lantamal IX dengan harapan semoga Lantamal IX akan menjadi lebih baik. Sumber http://www.tni.mil.id