150 PRAJURIT KODAM I/BB BANTU BENCANA ALAM DI MADINA



25 Sep 2009

KODAM I/BB (25/9),- Pangdam I/BB Mayjen TNI Burhanudin Amin baru-baru ini memerintahkan 150 prajurit Kodam I/BB ke Kabupaten Madina (Mandailing Natal) dalam rangka membantu dan mengatasi bencana alam banjir bandang yang melanda masyarakat setempat.

Banjir bandang di kabupaten Madina tepatnya terjadi di kecamatan Muara Batang gadis desa Rantau Panjang, Hutaimbaru Lubuk kepondang dan Idam Lubuk, yang termasuk wilayah Korem 023/KS Kodam I/BB.

Para prajurit Kodam I/BB telah memberikan bantuan dengan mengevakuasi masyarakat yang menjadi korban maupun mengungsi. Mereka juga memberikan bantuan 1.000 helai selimut, 100 helai kain sarung, 83 dus air mineral, 75 dus mie instan.

Di dalam bantuan itu ada juga 26 dus obat-obatan, 83 kotak biskuit, dua goni sandal, 30 karung beras, 3 gulung terpal, lima dus susu, delapan goni baju dan famili kit.

Para prajurit yang terjun ke lapangan telah mendirikan Posko aju di desa payang kecamatan Muara Batang gadis Kab Madina bersama Pemda Kabupaten Tapsel.

Mereka juga mengirimkan tiga perahu karet (LCR) beserta enam orang operator, mengkoordinasikan perawatan kepada Rumah sakit Adam Malik dan Pemko Medan untuk mengirimkan tenaga medis.

Bala bantuan dari rumah sakit itu terdiri dari empat orang dokter dan empat orang paramedis. Dokter dan paramedis itu telah diberangkatkan ke Posko aju di desa Hutaimbaru.

Satu orang dokter dan satu orang paramedia medis ke desa Hutaimbaru, dua dokter dan dua tenaga medis ke desa Luka Kundung I dan II serta satu dokter dan satu tenaga medis ke desa Rantau Panjang. Satu orang dokter lainnya dari Denkesyah Korem 023/KS akan bertugas di pos Hutaimbaru.

Selanjutnya Kodam I/BB mengirimkan tenda lapangan 10 buah terdiri dari tenda seba guna, tenda peleton, tenda regu. Selain itu, ada juga kiriman Velbed, avtur, HT, genset dan radio SSB.

Kodam juga melakukan pendistribusian obat-obatan untuk korban bencana banjir bandang, pemasangan radio di lokasi bencana, mengirimkan bantuan makanan ke lokasi melalui udara merelokasi perumahan masyarakat korban banjir bandang sebayak 50 unit.

Dandim 0212/TS Letkol Inf Togar Pangaribuan telah berada di lokasi kejadian sejak 16 September untuk memimpin tim Satkorlak penanggulangan banjir bandang.

Saat meninjau loikasi bencana, Pangdam I/BB yang didampingi Asintel dan Asops menekankan kepada para prajurit untuk tumbuhsuburkan semangat kepedulian terhadap kesulitan rakyat.

Ia meminta prajuritnya membangun komunikasi sosial kepada Pemda dan tokoh-tokoh masyarakat.

Ia mengatakan, permasalahan yang dihadapi rakyat adalah sebagian tugas TNI.

”Tanamkan kepada jiwa masing-masing mengatasi kesulitan rakyat adalah pekerjaan mulia. Jadilah panutan bagi masyarakat dimanapun bertugas sehingga kehadirannya benar-benar dirasakan manfaatnya” ujar Pangdam. Sumber http://www.tni.mil.id/