SERAH TERIMA JABATAN DANYONIF 200/RAIDER



15 Sep 2009

KODAM II/SWJ (15/9),- Panglima Kodam II/Swj Mayor Jenderal TNI Mochammad Sochib, S.E., M.B.A, bertindak sebagai inspektur upacara dalam acara serah terima jabatan Danyonif 200/Raider dari Letnan Kolonel Inf Niko Fahrizal kepada Letnan Kolonel Inf Sugiyono, Senin, 14 September 2009 bertempat di Lapangan Batalyon Infanteri 200/Raider Serong Banyuasin Palembang.

Pangdam II/Swj dalam amanatnya menyampaikan bahwa alih tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan dalam suatu organisasi adalah hal yang wajar. Serah terima jabatan dilakukan sebagai salah satu upaya pembinaan, khususnya pembinaan karier dalam rangka Tour Of Duty dan Tour Of Area guna memberikan pengalaman yang seluas-luasnya bagi seorang perwira agar dapat mencapai kemajuan yang optimal dan pengalaman yang berharga dalam meningkatkan kemampuan baik pribadi maupun dalam organisasi.

Selanjutnya Pangdam menjelaskan bahwa, wilayah Sumbagsel sebagai wilayah penyangga ibu kota negara dan sebagai jalur lalulintas antara pulau Jawa dengan pulau Sumatera memiliki kerawanan khususnya dalam aspek pertahanan keamanan. Ancaman terorisme yang bersifat asimetry dan terjadi di wilayah nasional kita, tidak menutup kemungkinan dapat terjadi dan mengganggu stabilitas keamanan wilayah Sumbagsel. Oleh karena itu semua pihak dan berbagai komponen masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan saling bekerjasama untuk menghadapi terorisme. Satuan Batalyon Infanteri 200/Raider sebagai salah satu pasukan andalan dan satuan pemukul Kodam II/Swj yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan pertempuran konvensional, non konvensional dan penanggulangan teror, harus senantiasa memelihara profesionalitas dan kesiapan operasional yang tinggi, agar sewaktu-waktu siap melaksanakan tugas dan mencapai keberhasilan tugas secara optimal. Tingkatkan disiplin satuan, kembangkan budaya belajar dan berlatih sebagai kebutuhan organisasi, serta siapkan semua sarana dan prasarana operasional tugas agar dapat menjamin kecepatan bertindak.

Hadir dalam acara tersebut yaitu, Irdam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, Danrem 044/Gapo, Dan/Kabalakdam II/Swj, Ketua Persit beserta para Pengurus Persit KCK PD II/Swj, serta para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. Sumber www.tni.mil.id