DANLANUD SURYADARMA BERI BINGKISAN LEBARAN DAN ZAKAT FITRAH



Pentak Lanud Sdm, 9/14/2009

Komandan Lanud Suryadarma, Subang Kol. Pnb Widiantoro, MBA berkenan memberikan bingkisan lebaran kepada seluruh anggota Lanud Suryadarma yang diterima oleh dua orang perwakilan Pelda Joko Prasetyo dan PNS Sutisna di Aula Serbaguna Sekbang, Senin (14/9). Bingkisan lebaran diberikan pada acara Jam Komandan sebagai wujud rasa gembira Danlanud Suryadarma kepada seluruh anggotanya menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1430 Hijriah sebagai hari kemenangan bagi umat muslim.

Selain bingkisan lebaran Danlanud Suryadarma juga berkenan memberikan zakat fitrah kepada lima orang perwakilan mustahid yang tinggal di sekitar Lanud Suryadarma. Masing-masing orang menerima satu paket bingkisan berisi beras dan uang. Menurut Kepala Seksi Pembinaan Mental Lanud Suryadarma PNS IIID Drs Lili Hidayat pada tahun 2009 ini terkumpul zakat fitrah berupa beras sebanyak 2 ton dan uang sebesar 5 juta rupiah dari anggota Lanud Suryadarma yang wajib membayarkan zakat fitrahnya.

Sebagai acara utama Jam Komandan Lanud Suryadarma, Kol Pnb Widiantoro, MBA yang menyegarkan kembali kepada seluruh prajurit dan PNS mengenai posisi, status dan tanggung jawabnya sebagai prajurit TNI. Dalam acara yang dihadiri oleh sekitar 400 personel tersebut tampil Lettu Pnb Dwitri Budiono yang memaparkan mengenai pasal demi pasal norma keprajuritan TNI yaitu sapta marga. Penjelasan tersebut bertujuan agar prajurit paham mengenai beberapa status prajurit yang menyandang pula status sebagai warga negara, patriot dan kstaria bangsa.

Danlanud Suryadarma juga menambahkan mengenai nilai-nilai dasar keprajuritan lainnya seperti loyalitas, disiplin, kesetiakawanan (esprit de corps) dan komitmen. Ditambahkan kedisiplinan prajurit TNI dalam segala hal masih diakui oleh komponen bangsa lainnya, sehingga kita harus terus menerapkannya di manapun berada karena hal itu merupakan salah satu segi keunggulan TNI. Loyalitas dan kedisiplinan ini berlaku pula dalam pelaksanaan cuti lebaran mendatang yang terbagi dalam dua gelombang. Walaupun tidak libur panjang dalam lebaran prajurit harus tunduk, patuh dan loyal pada keputusan pimpinan.

Pada akhir acara Danlanud Suryadarma menjelaskan mengenai tiga pilar untuk pembinaan Lanud Suryadarma yaitu pertama pembinaan fisik berupa pembagian kegiatan olah raga dalam tiap koordinator pelaksanaan, kedua pembinaan mental dengan kegiatan pengajian, sholat wajib dan sunnah juga pembinaan mental lainnya agar prajurit tetap pada relnya. Ketiga Pembinaan Moril berupa kemudahan naik pangkat, acara-acara hiburan/kebersamaan lainnya. Semua itu diterapkan agar sumber daya manusia Lanud Suryadarma berkualitas di masa depan, sehingga membawa harum nama Lanud Suryadarma.