Halaman

KOMANDAN SEKTOR TIMUR KUNJUNGI MARKAS KOMPI ALFA


Oleh : Nandang Hermawan
16-Sep-2009, 09:23:23WIB
Komandan Sektor Timur Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) Brigadir Jenderal Ricardo Alvarez Espejo Garcia melakukan kunjungan ke satuan-satuan di bawah jajarannya di wilayah Sektor Timur Unifil, dalam rangka pengecekan kesiapsiagan prajuritnya, Senin (15/9). Kali ini yang mendapat giliran pengecekannya adalah Kompi Alfa Indobatt yang berada di Al Qusayr UN POSN 9-63. Kunjungan ini merupakan bentuk keseriusan Jenderal dari Angkatan Darat Spanyol yang dipercaya untuk memimpin Sektor Timur Unifil sejak dua bulan yang lalu, guna meyakinkan bahwa daerah tanggung jawabnya (Area of Responsibility/AoR) aman dan terbebas dari segala bentuk gangguan keamanan dalam menjalankan Resolusi DK PBB No. 1701 yang telah diperpanjang hingga Agustus 2010. Dalam kunjungan tersebut, Jenderal Alvarez didampingi oleh Dansatgas Konga XXIII-C/Unifil - Letkol Inf R. Haryono serta Wadansatgas Letkol Mar Suherlan mengadakan peninjauan di Markas Kompi Alfa Indobatt untuk melihat secara langsung kesiapan satuan jajarannya dari dekat. Sebelumnya Dansektor mendapatkan paparan dari Komandan Kompi Alfa Indobatt tentang situasi dan kondisi daerah tanggung jawabnya yang meliputi wilayah Al Qusayr dan sekitarnya termasuk daerah perbatasan Lebanon-Israel yang sering dijadikan tempat untuk berunjuk rasa warga Lebanon di TP 37.
Beberapa hari yang lalu Alvarez juga mengadakan inspeksi di Kompi Charlie Indobatt dan juga ke satuan-satuan jajarannya yang berasal dari 5 negara meliputi, Spanyol, Indonesia, Malaysia, India dan Nepal. Dia tidak hanya menginspeksi prajuritnya, namun juga mengumpulkan para Kepala Desa yang berada di wilayahnya sebagaimana yang dilakukan di wilayah operasi Indobatt untuk meningkatkan jalinan kerja sama antara Unifil dengan masyarakat setempat.
Sebelum mengakhiri kunjungannya, Jenderal yang pernah bertugas di Afghanistan itu berpesan kepada anggota Kompi Alfa agar senantiasa waspada dan siap siaga dalam menghadapi segala bentuk kemungkinan yang terjadi dengan tetap memperhatikan prosedur dan ketentuan yang berlaku di Unifil. Dalam kunjungan tersebut Dansatgas Konga XXIII-C Unifil, memberikan kenang-kenangan berupa jaket loreng TNI yang langsung di kenakan oleh Jenderal Alvarez. (Pa Pen Satgas Konga XXIII-C/Dispenad)